Saturday, July 4, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Tanam 10.000 Mangrove di Pantai Bentar

Tanam 10.000 Mangrove di Pantai Bentar

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Bank Sampah Barokallah Desa Kedungsari Kecamatan Maron bersama para stakeholder terkait melakukan penanaman 10.000 bibit mangrove di area Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Rabu (12/2/2020) pagi.

Kegiatan yang dimulai pukul 06.30 ini diikuti oleh sekitar 1.170 orang peserta yang berasal dari Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo, CSR PT. POMI-Paiton Energy, PT. Sasa Inti Gending, BNI Probolinggo, PT. Permata Citra Nusa Gending, Satpolairud, Forkopimka Gending dan Dringu, Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Ekonomi (Impafe) UPM Probolinggo dan Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Probolinggo.

Turut hadir pula perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Yakni, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perikanan (Diskan), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) serta Dinas Perhubungan (Dishub). Hadir pula dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan penanaman mangrove di Pantai Bentar ini terselenggara atas support dari Coorporate Sosial Responsibility (CSR) PT. POMI-Paiton Energy, PT. Sasa Inti Gending, BNI Probolinggo, PT. Permata Citra Nusa Gending, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Probolinggo dan DLH Kabupaten Probolinggo.

Penanaman 10.000 mangrove ini dibuka secara resmi oleh Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari didampingi Nina Ari Wahyuni dari PT. POMI-Paiton Energy, Kasatpolairud Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno dan Direktur Bank Sampah Barokallah Zainal Abidin.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan bibit mangrove secara simbolis oleh Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari kepada Direktur Bank Sampah Barokallah Zainal Abidin, Sekolah Adiwiyata dan instansi terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah siap mendukung kegiatan pelestarian mangrove dengan menyediakan bibit tanaman mangrove setiap tahunnya.

“Pelaksanaan penanaman bibit mangrove merupakan bagian dari upaya pelestarian keanekaragaman hayati dan konservasi ekosistem pesisir pantai. Selain untuk mencegah intrusi air laut, mangrove juga dapat mencegah erosi dan abrasi pantai serta menjadi tempat hidup dan sebagai sumber makanan beberapa jenis satwa,” katanya.

Menurut Hasyim, kegiatan ini adalah salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka untuk menjaga bumi agar tetap hijau dan menjaga langit agar tetap biru.

“Berdasarkan data yang kami terima, sepanjang pantai pesisir mulai dari Tongas hingga Paiton itu potensi areal mangrove 900 hektar. Tetapi yang tertanam baru sekitar 400 hektar, sehingga yang tertanam masih belum sampai 50% saja. Ke depan mari selalu bekerja sama agar setiap saat dapat mencicil menanam mangrove di wilayah pantai Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal