Saturday, July 4, 2020
Depan > Pemerintahan > Sukseskan SP 2020, BPS-Diskominfo Buka Ruang Publik Bagi ASN

Sukseskan SP 2020, BPS-Diskominfo Buka Ruang Publik Bagi ASN

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Salah satu indeks keberhasilan pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) tahun 2020 kali ini juga dapat diukur dari seberapa besar tingkat partisipasi masyarakat dalam mencatatkan diri dan anggota keluarganya secara mandiri melalui situs online BPS (Badan Pusat Statistik) yakni www.sensus.bps.go.id.

Agar partisipasi masyarakat terus meningkat sampai batas waktu yang telah ditentukan yakni 31 Maret 2020 mendatang, BPS Kabupaten Probolinggo bersinergi bersama Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo untuk membuka ruang publik bagi ASN dan karyawan-karyawati pada lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Kamis (27/2/2020) pagi di depan ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo.

Tidak hanya menyasar pada kalangan OPD (Organisasi Perangkat Daerah), melalui ruang publik tersebut BPS juga berkesempatan untuk memberikan sosialisasi sekaligus layanan pendampingan pengisian SP 2020 online bagi para Kepala Desa (Kades) dan Camat se-Kabupaten Probolinggo yang kebetulan pada saat itu sedang mengikuti kegiatan rapat koordinasi bersama Bupati Probolinggo.

Kepala BPS Kabupaten Probolinggo Bagus Sunggono mengapresiasi dukungan Pemkab Probolinggo serta beberapa kesempatan yang diberikan kepada pihaknya untuk memberikan layanan langsung kepada ASN. Menurutnya, strategi ini sekaligus juga dimanfaatkannya untuk memberikan sosialisasi dan mendorong untuk terlahir para pelopor baru di kalangan ASN dan Kepala Desa.

Bagus Sunggono melaporkan, sejak dibukanya jadwal pengisian SP 2020 online pada tanggal 15 Februari yang lalu, sampai saat ini tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Probolinggo diketahui sebanyak 3.905 KK atau 11.342 jiwa telah mencatatkan dirinya.

“Dukungan Pemkab Probolinggo sangat luar biasa dan Alhamdulillah trend kita selalu naik dari hari ke hari. Perlu diketahui bahwa saat ini dari 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur Kabupaten Probolinggo berada pada urutan 6 dengan tingkat partisipasi terbanyak. Semoga trend ini semakin meningkat dan SP 2020 sukses gemilang di Kabupaten Probolinggo,” ucap Bagus Sunggono bangga.

Sementara Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian menuturkan Sensus Penduduk ini sangatlah penting. Oleh karena itu senyampang masih ada waktu cukup pihaknya berkomitmen akan terus bersinergi bersama BPS untuk mengupayakan suksesi SP 2020 kali ini.

Menurut Yulius Christian, anemo masyarakat terhadap SP 2020 juga dapat diketahui dengan melihat seberapa tinggi tingkat antusias Kepala Desanya. Oleh karena itu melalui media ruang publik ini pihaknya berharap kepada BPS agar bisa menentukan strategi dan langkah yang tepat untuk memberikan pelayanan di tempat lainnya.

“Ruang publik ini juga menjadi media komunikasi bagi kepala desa untuk menyampaikan segala kemungkinan hambatan di wilayahnya. Beberapa desa sudah kami catat dan akan segera kami bantu untuk mengadakan ruang publik serupa di wilayah desanya,” tandas mantan camat Sukapura ini. (dra)

cww trust seal