Saturday, April 20, 2019
Depan > Pendidikan > Suasana PAT Program Paket A Pasma Melalui PKBM Insan Cendekia

Suasana PAT Program Paket A Pasma Melalui PKBM Insan Cendekia

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Suasana Penilaian Akhir Tahun (PAT) Program Paket A Pasca Melek Aksara (Pasma) di Kecamatan Besuk melalui satuan PKBM Insan Cendekia, Kamis (11/4/2019).

Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo mengatakan PAT ini bertujuan untuk mengukur tingkat pencapaian belajar warga belajar baik dari hasil belajar mandiri, tutorial maupun belajar kelompok, mengukur tingkat kemampuan dasar terampil dalam calistung (baca, tulis dan berhitung) sebagaimana standar kompetensi kurikulum keaksaraan dasar.

“Selain itu, terpenuhinya capaian SSK (Sistem Setoran Kompetensi) mulai dari kelas awal/setara kelas 4 hingga kelas akhir/setara kelas 6 serta kesiapan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil,” katanya.

Dengan mengamati dan memantau proses pelaksanaan PAT Paket A Pasma tahun 2019 untuk sejumlah 80 peserta didik dengan semangat, tertib dan lancar, diharapkan dapat mewujudkan tujuan pemerintah untuk menuntaskan buta aksara.

“Disamping itu juga menginspirasi dan memberi contoh nyata, para peserta didik usia sekolah agar tetap sekolah jangan DO (Drop Out) atau putus sekolah hingga lulus tingkat SMA/SMK/MA,” jelasnya.

Rasa optimis Penilik Diktara untuk bisa memenuhi kewajiban dan ketuntasan belajar para warga belajar program Paket A Pasma ini dapat dilihat dan diukur dengan bukti fisik kegiatan belajar dan administrasi kelompok belajar, tingkat kehadiran tutor dan warga belajar serta capaian keterampilan calistung dan derajat kompetensi kesetaraan Paket A.

“Harapannya kepada satuan PKBM agar warga belajar yang dinyatakan lulus Paket A Pasma tahun 2019 ini terus diberi motivasi untuk melanjutkan ke Paket B setara SMP,” pungkasnya. (wan)