Friday, November 15, 2019
Depan > Pendidikan > Sosialisasikan PPDB, SMPN 2 Kraksaan Gelar Expo Pendidikan

Sosialisasikan PPDB, SMPN 2 Kraksaan Gelar Expo Pendidikan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebagai upaya inovasi dalam memberikan sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2019/2020, SMP Negeri 2 Kraksaan menggelar Expo Pendidikan, Sabtu (2/3/2019). Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga 12.30 WIB ini mengambil tema “Pendidikan Berkelanjutan”.

Expo Pendidikan ini diikuti oleh delegasi dari SMAN Paiton, SMKN 2 Kraksaan, SMK Mandiri, SMK Darsis, SMK Syech Abdul Qodir Al Jaelani, MAN 2 Probolinggo dan SMA Zaha Genggong. Meskipun ditujukan kepada 230 siswa kelas 9, tetapi kegiatan ini diikuti oleh 648 orang siswa mulai dari kelas 7, 8 dan 9 beserta guru dan komite sekolah.

Kegiatan ini dibagi dalam 2 (dua) sesi meliputi sesi klasikal dan pameran pendidikan. Pada sesi klasikal, semua peserta didik kelas 9 menerima informasi langsung melalui tayangan video atau penjelasan dari pihak sekolah selama 20 menit. Dilanjutkan tanya jawab 10 menit, istirahat 1 jam 30 menit diisi dengan kegiatan mengunjungi stand pameran dari sekolah SMPN 2 Kraksaan dan sekolah yang memberikan sosialisasi.

Kepala SMPN 2 Kraksaan Miswagiyanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan menyemangati peserta didik kelas 9 untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi.

“Selain itu membantu sekolah yang lebih tinggi dalam hal ini jenjang SMA untuk memberikan sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru. Sekaligus memupuk sarana refresh kepada peserta didik kelas 9 yang baru saja melaksanakan 2 kali try out Ujian Nasional,” katanya.

Expo Pendidikan pertama kali digelar di halaman SMPN 2 Kraksaan ini disambut sangat antusias oleh seluruh warga sekolah. Apalagi semua warga sekolah mendapatkan informasi meyeluruh dan sesuai dengan kebutuhan atau keinginannya. Bahkan mereka bisa saling mengkomparasikan antar sekolah.

“Semua warga sekolah mengaku sangat senang dan menginginkan untuk tahun berikutnya diadakan lagi. Peserta didik kami juga senang mendapatkan informasi yang sesuai dengan ekspektasinya. Kegiatan ini merupakan satu langkah bijak, momentum emas untuk memotivasi dengan cara menampilkan sekolah sebagai sekolah berkelanjutan supaya peserta didik kelas 9 SMPN 2 Kraksaan melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi,” terangnya.

Melalui Expo Pendidikan ini Miswagiyanto mengharapkan agar peserta didik kelas 9 bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bagi siswa kelas 7 dan 8, kegiatan ini diharapkan dapat menyemangati untuk lebih rajin belajar dan membuka wawasannya.

“Ke depan Expo Pendidikan ini akan dijadikan program rutin setiap tahun dengan menggandeng beberapa sekolah tingkat SMA. Jika tahun ini hanya diikuti oleh warga sekolah, maka tahun depan kami juga akan mengundang orang tua siswa. Harapannya, orang tua mendapatkan informasi seluas-luasnya tempat anaknya akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal