Friday, December 13, 2019
Depan > Pemerintahan > Sosialisasi Integrasi Data untuk Satu Data Indonesia

Sosialisasi Integrasi Data untuk Satu Data Indonesia

Reporter: Angga Odi

Kraksaan – Sebanyak 75 orang dari berbagai perwakilan OPD mengikuti kegiatan Sosialisasi Integrasi  Data Menuju Satu Data Indonesia yang diadakan diadakan oleh Seksi Pengolahan Data dan Dokumentasi Diskominfo. Kegiatan ini bertempat di Kantor Bupati Probolinggo, di Ruang Jabung 2 pada hari Jumat (29/11/2019).

Kegiatan yang diadakan oleh Diskominfo Kabupaten Probolinggo ini mempunyai tujuan keterbukaan dan transparansi data yang menunjang perencanaan dan pengambilan keputusan berbasis data valid. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kadiskominfo, Yulius Christian, S.I.P., MM; Kabid Statistik dan Persandian Diskominfo Drs. MA Satrio Sinung Raharjo; serta Dian Festy Anggraine ST, MA, M.Eng dari Bappeda sebagai narasumber. Sosialisasi ini membahas mengenai Perpres 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, serta rencana yang akan dilaksanakan di Kabupaten Probolinggo. 

Menurut Kadis Yulius “peran institusi statistik yang pertama pembina data, walidata dan produsen data untuk mendukung SSN dalam kerangka SDI”.  Tahapan mewujudkan SSN yang andal, Efektif, dan Efisien melalui SDI memilik 3 target yaitu target jangka pendek 2019, target jangka menengah 2020, dan target jangka panjang 2021.

“Peran K/L/D/I konsisten terhadap tata kelola data pemerintah yang telah disepakati, menerapkan prinsip satu data, meningkatan kolaborasi aktif dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti & kegunaan statistic. Sedangkan peran masyarakat menjadi responden yang baik, aktif melaporkan data diri, dan memberi umpan balik” tegasnya.

Menuju data statistik yang lebih baik peran K/L/D/I berawal dari konsisten terhadap tata kelola data pemerintah yang telah di sepakati, menerapkan prinsip satu data yang telah ditetapkan untuk menghasilkan data yang berkualitas, meningkatkan kolaborasi aktif antara K/L/D/I, meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti dan kegunaan statistik itu sendiri. (Gadi)

cww trust seal