Friday, November 22, 2019
Depan > Berita Terkini > Songsong MTQ Jatim 2019, Pemkab Gelar Seleksi Peserta MTQ

Songsong MTQ Jatim 2019, Pemkab Gelar Seleksi Peserta MTQ

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar pembinaan dan seleksi peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Probolinggo, Minggu (28/4/2019) di Kantor Bupati Probolinggo.

Seleksi MTQ ini dilakukan sebagai persiapan untuk menyongsong MTQ ke-28 Tingkat Provinsi Jawa Timur yang akan digelar di Kabupaten Tuban pada 25 Oktober hingga 3 Nopember 2019 mendatang. Seleksi peserta MTQ ini diikuti oleh para juara MTQ tingkat Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Probolinggo serta Jami’yyatul Qurra wal Huffadz (JQH) Cabang Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan. Rencananya pada MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur tahun mendatang, Kabupaten Probolinggo akan mengirimkan 50 orang peserta untuk 7 (tujuh) cabang dengan beberapa bidang.

Ke-7 cabang tersebut diantaranya, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Tafsir, Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ), Musabaqah Syahril Qur’an (MSQ), Musabaqah Makalah Qur’an (MMQ) dan Musabaqah Khothtil Qur’an (MKQ).

“Seleksi ini dilakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan kafilah Kabupaten Probolinggo dalam ajang MTQ ke-28 Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2019 di Kabupaten Tuban. Pendaftaran peserta MTQ akan dilakukan pada bulan Agustus 2019 mendatang,” kata Kabag Administrasi Kesra Setda Kabupaten Probolinggo Didik Abdul Rohim.

Menurut Didik, setelah penentuan ini nantinya akan ada pembinaan secara intensif kepada masing-masing cabang yang akan dikirimkan, baik pembinaan teknis maupun non teknis. Pembinaan ini akan dilakukan setelah Idul Fitri hingga mendekati pelaksanaan MTQ.

“Selain itu, peserta MTQ juga akan ditampilkan pada kegiatan Lailatul Qiro’ah. Kami juga akan berpamitan dan memohon do’a restu kepada para pembina yang ada di Jawa Timur. Semua ini dilakukan agar apa yang dilakukan oleh para peserta MTQ ini bisa membuahkan prestasi,” jelasnya.

Untuk MTQ ke-28 tingkat Provinsi Jawa Timur ini, Didik memasang target kafilah Kabupaten Probolinggo bisa masuk 5 (lima) besar. Harapan terbesar berada pada tilawah remaja putri.

“Dengan seleksi peserta MTQ ini kami berharap nantinya mampu menelurkan bibit-bibit yang berkembang asli dari putra daerah yang berpotensi mampu meraih prestasi bidang Al Qur’an di tingkat Jawa Timur sehingga bisa membawa nama harum Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Sesuai data dari Bagian Administrasi Kesra Setda Kabupaten Probolinggo, pada MTQ Jawa Timur tahun 2019 kafilah Kabupaten Probolinggo akan turun dalam beberapa bidang pada 7 (tujuh) cabang. Yakni, MTQ (tartil putra dan putri, tilawah anak putra dan putri, tilawah remaja putra dan putri, tilawah dewasa putra dan putri, Qiraat Sab’ah putra dan putri, tartil dewasa sab’ah putra dan putri serta tartil tunanetra putra dan putri).

Selanjutnya, MHQ (hafalan 1 juz putra dan putri, hafalan 5 juz putra dan putri, hafalan 10 juz putra dan putri, hafalan 20 juz putra dan putri serta hafalan 30 juz putra dan putri), Tafsir (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab), MFQ (2 kelompok putra dan putri), MSQ (2 kelompok putra dan putri), MMQ dan MKQ (naskah putra dan putri, dekorasi putra dan putri serta mushaf putra dan putri). (wan)

cww trust seal