Wednesday, November 20, 2019
Depan > Pendidikan > Songsong Hardiknas, Gugus IV Korwil Kraksaan Gelar Lomba Antar Siswa

Songsong Hardiknas, Gugus IV Korwil Kraksaan Gelar Lomba Antar Siswa

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Begini salah satu cara cerdas yang dilakukan oleh pengurus Gugus IV Korwil Kecamatan Kraksaan dalam meningkatkan kemampuan kompetisi antar siswa di wilayah kerjanya.

Dalam rangka menyongsong peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus IV Korwil Kecamatan Kraksaan menggelar lomba antar siswa se-wilayah Gugus IV, Senin hingga Rabu (25-27/3/2019).

Lomba-lomba tersebut antara lain lomba membaca cepat untuk siswa-siswi kelas I yang diadakan di SDN Kalibuntu II, lomba mewarnai kaligrafi untuk siswa-siswi kelas III yang ditempatkan di SDI Afkar dan juga lomba olimpiade MIPA (Matematika dan IPA) untuk siswa-siswi kelas IV dan V yang dilaksanakan di SDN Sidopekso.

Even ini diikuti oleh 6 (enam) lembaga pendidikan Sekolah Dasar (SD) yang dinaungi oleh Gugus IV Korwil Kecamatan Kraksaan meliputi SDN Sidopekso, SDN Kalibuntu I, II, dan V, SDI Afkar dan SDI Ramzan. Masing-masing lembaga tersebut wajib mengirimkan dua siswa terbaik untuk diikutkan pada masing-masing kelas perlombaan.

Lomba ini dibuka oleh Lukman Hakim Pengawas TK/SD Kecamatan Kraksaan. Dalam sambutannya Lukman Hakim mengapresiasi salah satu inovasi yang dilakukan oleh Gugus IV ini. Pihaknya berharap hal ini juga diikuti oleh Gugus lainnya khususnya di wilayah Kecamatan Kraksaan.

“Ciptakan inovasi kegiatan lainnya, tidak hanya bidang akademik tetapi juga bidang lainnya. Kepada siswa peserta lomba saya ucapkan selamat berlomba, ketika sudah kembali ke sekolah masing-masing tingkatkan lagi apa yang sudah kalian dapat disini dan semoga bisa lebih baik lagi kedepannya,” katanya.

Sementara Ketua KKG Gugus IV Rifki Ahmad Yani mengemukakan, kategori lomba yang dipilih adalah kategori yang menarik bagi siswa.

“Seperti lomba membaca cepat, dimana setiap siswa dituntut untuk membaca sebuah bacaan sesuai dengan kaidah yang benar dan tepat pengejaan, tanda baca dan intonasinya,” katanya.

Lebih lanjut Rifki menuturkan, pelaksanaan lomba memang sengaja tidak dilaksanakan dalam satu tempat. Hal ini bertujuan untuk mengenal dan mengetahui potensi yang dimiliki masing-masing sekolah sekaligus sebagai ajang merekatkan silaturahim se-Gugus IV Korwil Kecamatan Kraksaan.

“Selanjutnya juara pada masing-masing kategori ini akan kami bina lebih lanjut sebagai persiapan manakala ada lomba semacam ini antar Gugus di Kecamatan Kraksaan,” tandasnya. (dra)

cww trust seal