Saturday, December 7, 2019
Depan > Pendidikan > SKB Kraksaan Gelar Upgrading Pendidikan Kesetaraan

SKB Kraksaan Gelar Upgrading Pendidikan Kesetaraan

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kraksaan, Rabu (28/8/2019) menggelar upgrading pendidikan kesetaraan untuk paket A setara SD, paket B setara SMP dan paket C setara SMA di obyek wisata Pantai Duta Desa Randutatah Kecamatan Paiton.

Upgrading pendidikan kesetaraan ini diikuti oleh 132 orang Warga Belajar (WB) yang berusia antara 25 hingga 66 tahun dari lokasi binaan SKB Kraksaan. Diantaranya Desa Jorongan Kecamatan Leces, Desa Gunung Geni Kecamatan Banyuanyar, Desa Krejengan Kecamatan Krejengan, Desa Penambangan Kecamatan Pajarakan serta Desa Rangkang, Kalibuntu dan Kelurahan Kraksaan Wetan Kecamatan Kraksaan.

Kegiatan yang mengambil tema “Kesetaraan Membangun Kebersamaan dan Kepercayaan Diri SDM Unggul Probolinggo Maju” ini diawali dengan motivasi oleh Penilik Diktara Kecamatan Kraksaan Edi Suryanto. Dalam kesempatan tersebut, para WB diberikan motivasi tetap semangat dan percaya diri dalam menempuh pendidikan.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan 4 (empat) kegiatan semi outbound meliputi tarik tambang, kereta naga buta, estafet sarung dan memindahkan karet dengan sedotan. Selama kegiatan, para WB dipandu oleh instruktur dari PPL Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Pamong Belajar SKB Kraksaan Djoko Sukamto mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar WB dan rasa percaya diri supaya lebih semangat lagi belajar. Dalam situasi apapun para WB bisa tetap kompak menyelesaikan pendidikan kesetaraan di SKB Kraksaan.

“Kegiatan ini dilakukan agar supaya para WB ini tidak merasa minder dan semakin percaya diri. Sebab mereka tidak sendiri, banyak orang lain yang sama-sama menuntut ilmu. Tetapi namanya mengajar orang tua tentunya berbeda dengan anak-anak muda. Butuh ketelatenan khusus dalam mengajar orang-orang yang sudah berusia diatas 30 tahun,” katanya.

Menurut Djoko, dengan adanya kegiatan ini mereka bisa lebih semangat lagi dalam belajarnya sehingga semakin aktif untuk ikut bergabung di dalam kelompok belajarnya. “Dalam kegiatan ini mereka kita ajak untuk bersenang-senang meninggalkan sejenak kejenuhannya. Mereka bisa rekreasi dengan sesama WB binaan SKB Kraksaan,” jelasnya.

Jamal (30), WB asal Desa Penambangan Kecamatan Pajarakan mengaku sangat senang dengan acara yang dilakukan oleh SKB Kraksaan. Sehingga dengan kegiatan ini tidak ada rasa bosan untuk bisa belajar dan aktif di dalam kelompok belajar.

“Terima kasih atas kegiatan rekreasi dan menghibur yang dilakukan oleh SKB Kraksaan. Dengan adanya kegiatan ini kami merasa lebih semangat lagi untuk bisa terus belajar dan belajar lagi,” katanya. (wan)

cww trust seal