Wednesday, August 12, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Sinergi untuk Go Digital dan Scale Up Wirausaha

Sinergi untuk Go Digital dan Scale Up Wirausaha

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Geliat pelaku wirausaha Kabupaten Probolinggo untuk bersaing di era 4.0 ini membuat masyarakat dari berbagai elemen yang berkumpul di Literasi Wirausaha Probolingo tergerak untuk bersinergi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo melalui program mentoring wirausaha selama dua minggu.

Kegiatan mentoring wirausaha dengan tema “Digital Marketing Bagi Pelaku Wirausaha” tersebut dilaksanakan di ruang Pustakaloka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo, Sabtu (14/12/2019) mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

Dalam kegiatan tersebut, Dispersip Kabupaten Probolinggo Pustakawan Hesthiyono S. Adhi menyampaikan bahwa program ini menjadi tonggak awal untuk program mentoring selanjutnya. “Alumni kelas mentoring diharapkan dapat mendampingi peserta lain di kelas berikutnya atau pelaku wirausaha di lingkungan sekitar,” katanya.

Antusiasme peserta tampak luar biasa. Hal ini terbukti dengan hadirnya pelaku wirausaha tidak hanya dari dalam Probolinggo, tetapi juga dari Kabupaten Jember. Bidang bisnis para peserta pun bermacam-macam, mulai dari kuliner, fesyen hingga jasa desain. Sehingga, mentoring yang dijadwalkan satu kali secara luring dan tiga kali secara daring ini diharapkan mampu membawa dampak positif bagi peserta maupun lingkungan sekitarnya.

“Saya senang dengan program ini, karena meskipun gratis tanpa ada pungutan biaya satu rupiah pun, ilmu yang diberikan sangat penting bagi kelanjutan usaha. Termasuk, saya tidak bingung lagi karena ada yang mendampingi,” tutur Novia, salah satu peserta yang menggeluti bisnis kuliner.

Pada dasarnya, program mentoring wirausaha ini diadakan untuk membantu para pelaku usaha yang sering merasa bingung setelah mengkuti kelas atau seminar. Kebanyakan, ketika mau mencoba melakukan, tidak tahu bertanya kemana. Sehingga, dengan adanya pendampingan selama dua minggu tersebut, peserta dapat praktik langsung didampingi para professional di bidangnya.

Untuk itu, Literasi Wirausaha Probolinggo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dalam mengembangkan bisnis agar siap go digital dan scale up bisnis masing-masing. (wan)

cww trust seal