Wednesday, November 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Semarakkan HUT RI Ke-74, Pemkab Gelar Lomba Tradisional dan Lomba Prestasi

Semarakkan HUT RI Ke-74, Pemkab Gelar Lomba Tradisional dan Lomba Prestasi

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) kembali menggelar berbagai perlombaan olahraga tradisional dan lomba olahraga prestasi di halaman Kantor Bupati Probolinggo, Rabu (7/8/2019) pagi.

Berbeda dengan tahun sebelumnya suasana perlombaan kali ini terasa lebih meriah, pasalnya peserta lomba tidak hanya dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja tetapi Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo juga harus berpartisipasi.

Agar pelaksanaan perlombaan olahraga dapat terselenggara secara profesional, dan sesuai dengan standar pertandingan cabang olahraga nasional, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo pun turut mensupport sebagai pelaksana teknis lapangan dan penjurian saat itu.

Kasi Keolahragaan Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Ganet Lelono mengatakan lomba olahraga tradisional yang dilaksanakan kali ini terdiri dari tarik tambang, terompah raksasa dan balap karung. Sementara untuk lomba olahraga prestasi, ada ekshibisi bola voli, catur, tenis meja dan bulu tangkis yang tidak hanya diikuti oleh OPD saja tapi juga berhak diikuti oleh kecamatan.

“Adanya tambahan cabang olahraga seperti catur dan bulu tangkis yang kali ini juga diikuti oleh kecamatan ternyata cukup menambah meriahnya suasana perlombaan. Olahraga tradisional tetap kita pertahankan karena juga merupakan salah satu warisan budaya nenek moyang kita,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono yang saat itu mengikuti lomba bulu tangkis mengungkapkan, bahwa selain untuk menyemarakkan HUT RI kali ini, pihaknya mengakui even ini juga sangat bermanfaat sebagai ajang silaturahim dan menjalin keguyuban antar Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Probolinggo.

“Saya sempatkan untuk ikut, selain sehat jasmani kita semua juga bisa memanfaatkan untuk bersilaturahim dan menjalin keguyuban dengan OPD lainnya, dimana waktu kita sangat terbatas untuk kegiatan semacam ini,” pungkasnya.(dra)

cww trust seal