Friday, December 13, 2019
Depan > Kesehatan > Semarak, Gebyar Germas Kraksaan 2019

Semarak, Gebyar Germas Kraksaan 2019

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Gebyar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kraksaan yang digelar oleh Puskesmas Kraksaan bersama lintas sektor di Alun-alun Kota Kraksaan, Sabtu (30/11/2019) pagi berlangsung semarak.

Gebyar Germas Kraksaan dengan tema Canting Seni (Cegah Stunting Sejak Dini) Generasi Sehat Indonesia Unggul ini diikuti oleh ratusan masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Kraksaan. Kegiatan ini dimeriahkan dengan Lomba Semarak Hidup Sehat dan penyerahan sertifikat kepada Desa Sumberlele dan Kelurahan Patokan yang sudah ODF karena sudah 100% masyarakatnya BAB (Buang Air Bersih) di jamban.

Kegiatan Gebyar Germas Kraksaan yang diawali dengan senam bersama ini diisi dengan kegiatan senam Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) oleh Saka Bakti Husada (SBH) Puskesmas Kraksaan, lomba cipta menu, penampilan tari Kiprah Glipang massal serta pelayanan Posbindu PTM berupa deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular. Dalam kegiatan ini juga dilakukan launching antrian pasien secara online, system kepuasan pasien secara digital, Cak Dukia serta pengukuhan kader jumantik.

Gebyar Germas Kraksaan ini dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Probolinggo Moh. Happy, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Liliek Ekowati bersama segenap jajaran Dinkes Kabupaten Probolinggo, Camat Kraksaan Muhamad Ridwan bersama jajaran Forkopimka Kraksaan dan lintas sektor di Kecamatan Kraksaan serta Kepala Puskesmas Kraksaan Nuryakub, para Kepala Desa/Lurah serta para bidan dan kader posyandu yang ada di Kecamatan Kraksaan.

Camat Kraksaan Muhamad Ridwan mengungkapkan Germas ini merupakan sebuah gerakan bersama. Karena dalam mengatasi permasalahan kesehatan yang ada tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, tetapi harus bersinergi antara satu dengan yang lainnya.

“Saat ini seluruh pemerintah desa di Kecamatan Kraksaan sedang menyusun RAPBDes (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanda Desa). Dimana dalam RAPBDes ini akan memasukkan bagaimana masyarakat Kraksaan ini hidup sehat dan menciptakan masyarakat untuk hidup sehat,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Liliek Ekowati menyampaikan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama mensukseskan Gebyar Germas Kraksaan. “Semoga kegiatan ini bisa memotivasi masyarakat untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat,” ungkapnya.

Terkait dengan launching pendaftaran online dan aplikasi kepuasan pasien secara digital, Liliek menerangkan bahwa hal tersebut merupakan sebuah keinginan dari masyarakat agar mudah dan tidak perlu lagi mengantri lama di puskesmas. “Pada saat diperiksa dapat memberikan kepuasan secara digital, apabila ada keluhan bisa ditindaklanjuti oleh Puskesmas Kraksaan,” tegasnya.

Sementara Plt Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Moh. Happy mengatakan pembangunan kesehatan pada hakikatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi- tingginya.

“Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa. Untuk itu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan yang lebeih baik,” katanya.

Happy mengharapkan agar program Germas Kraksaan ini bisa mendapatkan dukungan dari semua elemen masyarakat. Sebab sebagus apapun program yang dibuat tetapi masyarakat tidak mendukung maka akan terasa sia-sia. “Oleh karena itu kami mengharapkan keterlibatan dari semua masyarakat terhadap program yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Sukses dan tidaknya sebuah program tergantung dari dukungan dan peran serta masyarakat,” pungkasnya.

Gebyar Germas ini ditandai dengan pelepasan balon oleh Plt Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Moh. Happy didampingi jajaran Dinkes Kabupaten Probolinggo, Camat Kraksaan Muhamad Ridwan dan Forkopimka, Kepala Puskesmas Kraksaan Nuryakub serta lintas sektor yang ada di Kecamatan Kraksaan. (wan)

cww trust seal