Monday, November 18, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Semarak, Atraksi Seni Budaya Jathilan Bromo Ketiga

Semarak, Atraksi Seni Budaya Jathilan Bromo Ketiga

Reporter : Mujiono
SUKAPURA – Festival Jathilan tahap ketiga yang dilaksanakan di Amfiteater Jiwa Jawa Resort, Desa Wonotoro Kecamatan Sukapura berlangsung semarak, Sabtu (19/10/2019) sore mulai pukul 16.00 WIB. Penampilan-penampilan yang menarik kreasi seni budaya dapat menghibur para pengunjung wisata Bromo.

Pagelaran seni budaya Jathilan Bromo ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo beserta anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dan sejumlah pejabat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Festival Jathilan tahap ketiga ini mempersembahkan kreasi seni budaya yang diawali dengan penampilan dari Jathilan Probolinggo yang menggambarkan latihan berperang pasukan berkuda, gagah berani serta berparas rupawan sigap dalam ilmu peperangan dan berkuda.

Untuk penampilan Jathilan Temanggung diwarnai dengan tarian yang mengisahkan sejarah berdirinya Kabupaten Temanggung. Selanjutnya, penampilan Jathilan Jepara yang dibawakan oleh Laskar Kalinyamat menggambarkan sebuah pasukan Kalinyamat yang dahulu dikirim dari Jepara ke Selat Malaka untuk menghancurkan bangsa Portugis.

Tidak kalah menariknya, penampilan Jathilan Majapahit dapat membawa penonton bersorak. Jathilan Majapahit merupakan sendratari yang mengambil kisah pada jaman dahulu yakni pada jaman kerajaan Majapahit, tepatnya pada masa Pemerintahan Raja Hayam Wuruk dengan patihnya yang terkenal Mahapatih Gajah Mada.

Supoyo, selaku sesepuh masyarakat Tengger yang juga anggota Komisi C DPRD Kabupaten Probolinggo menyatakan Festival Jathilan ini bermanfaat bagi para pengunjung wisata Bromo. Wisatawan bukan hanya menikmati matahari terbit saja. Jathilan sebagai momentum untuk menghibur pengunjung dengan menampilkan seni budaya di berbagai daerah.

“Pagelaran seni budaya Jathilan menggambarkan nilai-nilai sejarah di tiap-tiap daerah untuk dikenalkan kepada wisatawan. Untuk itu, pagelaran seni budaya ini dapat mengedukasi para generasi muda khususnya anak-anak muda di wilayah Kecamatan Sukapura,” ungkapnya. (y0n)

cww trust seal