Sunday, October 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Semakin Perkuat Check Point dan Perketat Karantina

Semakin Perkuat Check Point dan Perketat Karantina

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebagai upaya untuk mengantisipasi bertambahnya pasien positif Corona Virus Disease (COVID-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bersama Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo akan mencoba semakin memperkuat check point dan memperketat karantina.

“Sesuai dengan instruksi dari Ibu Bupati, kita akan terus melakukan rapid test yang lebih masif terutama bagi para pendatang,” kata Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Selain itu jelas Anang, pihaknya masih terus mendorong masyarakat untuk selalu jaga jarak dan pemakaian masker saat beraktifitas di luar rumah. “Ini sebagai contoh bahwa sumber-sumber penularan sudah banyak dimana-mana. Penularan horizontal sudah nyata di masyarakat,” jelasnya.

Menurut Anang, untuk pasien positif COVID-19 yang masih menjalani isolasi pihaknya hanya bisa menjaga kesehatan mereka, mendorong perbaikan daya tahan tubuhnya dengan pola makan dan vitamin. “Serta memberikan motivasi dan melakukan swab, walaupun sekali lagi kita harus menunggu betul antrian yang sangat luar biasa di Provinsi Jawa Timur,” tegasnya.

Anang menambahkan bahwa ODP (Orang Dalam Pemantauan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan pasien positif COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh kemungkinan bisa saja kembali tertular COVID-19. Kadang-kadang virus ini yang datang dan tipenya apa bisa saja tertular lagi.

“Hal yang dapat dilakukan yang utama sudah protokol kesehatan itu harus dilakukan oleh masyarakat dengan menggunakan masker, sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, jaga jarak serta jangan kemana-mana kalau tidak perlu. Kita harus betul-betul menahan dirilah. Kalau harus keluar sampai rumah harus cuci tangan,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal