Monday, September 16, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Selama di Tanah Suci, Perbanyak I’tikaf di Masjid

Selama di Tanah Suci, Perbanyak I’tikaf di Masjid

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si bersama Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko melakukan safari haji di kediaman Kepala Bidang Pemeliharaan Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo Zaenal Ansori di Desa Karangpranti Kecamatan Pajarakan, Kamis (13/6/2019).

Turut serta pula dalam kesempatan tersebut sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Forkopimka Pajarakan (Camat, Kapolsek dan Danramil) serta Kepala Desa se-Kecamatan Pajarakan.

Suami Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE ini tiba di kediaman Zaenal Ansori sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangan Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan ini disambut oleh masyarakat dan para alumni SMP Negeri 1 Kraksaan angkatan 1978.

Dalam sambutannya H. Hasan Aminuddin berpesan agar ibadah haji ke tanah suci ini diniatkan lahir dan batin bahwa perjalanan ke Mekkah dan Madinah itu merupakan perjalanan beribadah kepada Allah SWT.

“Saya berpesan kepada Pak Zaenal Ansori agar selama berada di tanah suci memperbanyak iktikaf di dua masjid disana, baik Mekah dan Madinah. Kurangilah kegiatan di maktab atau hotel. Perbanyaklah beribadah, karena disana semua doa akan dikabulkan oleh Allah SWT,” katanya.

Lebih lanjut Hasan Aminuddin meminta agar CJH yang berangkat ke tanah suci mendoakan anak cucunya sampai 7 (tujuh) turunan. Terutama para almarhum dan almarhumah yang banyak berjasa agar selalu dibacakan Al Fatihah.

“Doakan tetangga yang sudah datang agar bisa berangkat haji. Karena tidak ada nikmat yang diberikan oleh Allah SWT selain haji dan umroh. Begitu menginjakkan kaki di Mekah dan melihat Ka’bah air mata akan menetes dengen sendirinya. Oleh karena itu, perbanyaklah tawaf. Sebab disana rahmat yang diberikan oleh Allah SWT,” tegasnya.

Hasan Aminuddin menyampaikan ucapan selamat jalan ke tanah suci dengan harapan senantiasa sehat wal afiat, disempurnakan ibadahnya oleh Allah SWT serta menjadi haji yang mabrur.

“Mabrur bukan di Mekah dan Madinah, tapi setelah pulang ke kampung halaman. Bagaimana ibadahnya meningkat dari sebelum menunaikan haji. Semoga diberi sehat oleh Allah, berangkat dan pulang sehat dan menjadi haji mabrur. Jaga ibadah sholat lima waktu dengan baik,” pungkasnya.

Sementara Zaenal Ansori menyampaikan bahwa dirinya mulai mendaftar untuk menunaikan ibadah haji sejak tahun 2003 silam dan baru bisa melunasi pada tahun 2010. “Karena sistem nyicil, maka saya baru bisa melunasi pada tahun 2010 lalu. Namun beberapa tahun lalu istri saya meninggal dunia sehingga saya berangkat sendirian,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Zaenal meminta maaf apabila selama bergaul ada salah dan khilaf baik di sengaja maupun tidak disengaja. “Kami ingin dalam perjalanan menunaikan ibadah haji ke tanah suci ini sudah tidak membawa beban. Mohon maaf atas segala salah dan khilaf,” pungkasnya. (wan)