Tuesday, October 27, 2020
Depan > Kesehatan > Satu Orang Positif COVID-19 Asal Sumberasih Meninggal Dunia

Satu Orang Positif COVID-19 Asal Sumberasih Meninggal Dunia

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo merilis hingga Kamis (11/6/2020) malam terdapat satu orang positif Corona Virus Disease (COVID-19) yang meninggal dunia.

Dengan demikian, orang positif COVID-19 yang meninggal dunia sebanyak 3 orang dari total kasus COVID-19 sebanyak 120 orang. Sementara 26 orang masih dirawat dan menjalani isolasi dan 91 orang sembuh.

“Satu orang positif COVID-19 yang meninggal dunia ini adalah laki-laki berusia 68 tahun dari Desa Pesisir Kecamatan Sumberasih. Yang bersangkutan memang sakit dan dirawat Rumah Sakit National Hospital Surabaya dengan status awal PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan komorbid gangguan kelainan jantung,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Menurut Anang, yang bersangkutan sempat dilakukan pemeriksaan rapid dan hasilnya reaktif. Kemudian dilakukan pemeriksaan swab dan hasilnya positif sehingga terkonfirmasi positif COVID-19. Tetapi beberapa hari kemudian kondisinya memburuk. “Kita sudah tracking di tempatnya di Desa Pesisir Kecamatan Sumberasih. Kontak-kontak eratnya sudah kita lakukan rapid dan hasilnya negatif,” jelasnya.

Kalau sumber penularannya tegas Anang tidak jelas dan masuk dalam Klaster Pelangi. Sebenarnya untuk sumber penularannya terjadi secara horizontal. Untuk swab evaluasi masih belum dilakukan karena yang bersangkutan masih baru. “Selanjutnya yang bersangkutan langsung dikremasi di Surabaya sehingga tidak perlu menerapkan protokol kesehatan pemakaman COVID-19,” tegasnya.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Probolinggo sebanyak 64 orang atau sama seperti sehari sebelumnya dengan keterangan 7 orang dalam pengawasan, 38 orang selesai diawasi dan 19 orang meninggal dunia.

“Sejauh ini kondisi untuk 7 orang yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit ini bagus. Mudah-mudahan semakin hari kondisinya bisa semakin membaik. Untuk keluhan-keluhannya sudah membaik. Semuanya sudah dilakukan pemeriksaan dan masih menunggu hasilnya. Harapan kita semua swabnya hasilnya negatif sehingga bisa segera kita pulangkan,” tambahnya.

Serta, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 481 orang atau bertambah 3 orang dari sebelumnya sebanyak 378 orang dengan keterangan 63 orang dalam pemantauan, 412 orang selesai dipantau dan 6 orang meninggal dunia. (wan)

cww trust seal