Friday, November 15, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Satpol PP Razia Tempat Peredaran Miras dan Minol

Satpol PP Razia Tempat Peredaran Miras dan Minol

Reporter : Syamsul Akbar
KOTAANYAR – Team Reaksi Cepat (TRC) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo melakukan operasi dan razia ke beberapa tempat peredaran minuman keras (miras) dan minuman beralkohol (minol) di wilayah Kecamatan Kotaanyar, Sabtu (25/5/2019) malam. Hanya saja dalam razia ini hasilnya nihil dan petugas tidak menemukan adanya miras dan minol.

Hal tersebut merupakan bagian dari kegiatan unit TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo dalam melaksanakan patroli dan operasi cipta kondisi Ramadhan selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah. Kegiatan ini dipimpin oleh Koordinator TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo Nurul Arifin dengan melibatkan 9 (sembilan) personil.

Dasar hukum kegiatan ini Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja, Perintah Tugas (PT) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Probolinggo serta SOP Tentang Ketentramam dan Ketertiban Umum Satuan Polisi Pamong Praja.

“Alhamdulillah, dalam razia miras dan minol di wilayah Kecamatan Kotaanyar, kami tidak menemukan adanya miras dan minol. Artinya, masyarakat sudah memiliki kesadaran untuk bersama-sama menjaga kesucian dan kemuliaan bulan suci Ramadhan,” ujar Koordinator TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo Nurul Arifin.

Selain itu, unit TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo juga melakukan patroli di wilayah yang berpotensi terjadinya kenakalan remaja, warung-warung yang di duga menjadi praktek prostitusi dan tempat keramaian lainnya di wilayah Kecamatan Paiton. Namun dalam razia ini hasilnya nihil.

“Meskipun hasilnya nihil, kami tetap memberikan himbauan kepada pemilik warung yang diduga menjadi tempat prostisusi untuk tidak melakukan transaksi prostitusi demi menjaga kesucian bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah,” jelasnya.

Patroli cipta kondisi Ramadhan ini berakhir di wilayah Kecamatan Kraksaan dengan sasaran tempat yang diduga menjadi pusat kenakalan remaja. Seperti, Stadion Gelora Merdeka Kraksaan, SL Park dan Eks Terminal Angkutan Umum Desa Sumberlele. Disamping juga pemantauan PKL yang berada di area depan Alun-alun Kota Kraksaan.

“Kami berharap dengan kegiatan rutin patroli cipta kondisi Ramadhan ini masyarakat merasa nyaman dan tenang dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan,” harapnya. (wan)

cww trust seal