Tuesday, August 11, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Satpol PP Gelar Patroli Tempat Hiburan Malam

Satpol PP Gelar Patroli Tempat Hiburan Malam

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Team Reaksi Cepat (TRC) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo melakukan patrol ke tempat hiburan malam yang berada di wilayah timur sampai batas Kabupaten Probolinggo sebelah timur, Sabtu (18/5/2019) malam. Selain itu, tim juga menyusuri tempat-tempat yang disinyalir menjadi tempat prostitusi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan Patroli Malam Cipta Kondisi Suasana Ramadhan yang dilaksanakan oleh TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati Probolinggo Tentang Cipta Kondisi Ramadhan.

Patroli yang dipimpin oleh Kasi Opsdal Mashudi dan Koordinator TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo Nurul Arifin ini melibatkan sebanyak 8 (delapan) personil TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo.

Dasar hukum kegiatan ini adalah Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja, Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 2012 Tentang PKL, Surat Tugas (ST) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Probolinggo serta SOP Tentang Ketentramam dan Ketertiban Umum Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan ini, tim TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo melaksanakan pemantauan PKL yang biasa mangkal di area depan Alun-alun Kota Kraksaan. “Melihat ada PKL yang mangkal di area depan Alun-alun Kota Kraksaan, kami memberikan himbauan agar PKL ini tidak berjualan lagi di area depan Alun-alun Kota Kraksaan,” kata Koordinator TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo Nurul Arifin.

Malam tersebut, tim TRC juga melaksanakan patroli ke area yang disinyalir menjadi tempat kenakalan remaja dengan sasaran Stadion Gelora Merdeka Kraksaan, SL Park dan bekas Teminal Angkutan Umum di Desa Sumberlele Kecamatan Kraksaan.

“Selanjutnya tim melanjutkan patrol kea rah timur, tepatnya Kecamatan Paiton. Kami menyusuri tempat-tempat yang disinyalir menjadi tempat prostitusi dan tempat hiburan malam yang berada di wilayah timur Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Sementara Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengatakan Patroli Cipta Kondisi Suasana Ramadhan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Probolinggo Dalam Rangka Menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

“Melalui kegiatan ini diharapkan agar setiap elemen masyarakat di Kabupaten Probolinggo bisa saling menghormati dan menghargai di bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah sehingga dapat menciptakan situasi aman dan tentram di wilayah Kabupaten Probolinggo,” harapnya. (wan)

cww trust seal