Saturday, May 25, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Satpol PP Gelar Patroli Cipta Kondisi Ramadhan

Satpol PP Gelar Patroli Cipta Kondisi Ramadhan

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo, Rabu (15/5/2019) pagi menggelar Patroli Cipta Kondisi Ramadhan 1440 Hijriyah di wilayah barat Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan yang melibatkan 9 (sembilan) personil Team Reaksi Cepat (TRC) Satpol PP Kabupaten Probolinggo ini melakukan patroli di wilayah Kecamatan Pajarakan, Gending dan Dringu.

Dasar hukum kegiatan ini adalah Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja, Perintah Tugas (PT) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Probolinggo serta SOP Tentang Ketentramam dan Ketertiban Umum Satuan Polisi Pamong Praja.

Dalam kegiatan ini unit TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo melakukan Patroli Cipta Kondisi Ramadhan dengan melaksanakan pemantauan warung yang buka pada siang hari namun tidak menggunakan tirai.

Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengatakan kegiatan ini merupakan patroli rutin Satpol PP dalam rangka cipta kondisi Ramadhan dan tindaklanjut dari Surat Edaran Bupati Probolinggo Menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

“Mendapati warung yang buka siang hari dan sedang ramai pengunjung, maka kami peringatkan untuk tidak mencolok atau ditutup tirai jika membuka dagangannya pada siang hari di bulan Ramadhan untuk menghormati orang yang sedang menjalankan ibadah puasa,” katanya.

Selesai melakukan patroli terhadap warung yang buka pada siang hari, TRC melanjutkan operasi pekat (penyakit masyarakat) pada penginapan kelas melati yang ada di wilayah barat. Namun dalam patroli ini tidak mendapatkan hasil operasi alias nihil. Pada operasi pekat ini, personil melakukan pengecekan per kamar hotel kelas melati yang di indikasi digunakan oleh pasangan mesum.

“Dengan adanya kegiatan ini harapannya agar semuanya bisa saling menghormati dan menghargai di bulan suci Ramadhan ini supaya dapat menciptakan situasi aman dan tentram di wilayah Kabupaten Probolinggo,” harapnya. (wan)