Tuesday, August 4, 2020
Depan > Berita Terkini > Satgas PP COVID-19 Rilis 1 PDP Masih Nunggu Hasil Swap

Satgas PP COVID-19 Rilis 1 PDP Masih Nunggu Hasil Swap

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sampai saat ini perkembangan Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 135 orang dengan keterangan 129 masih dipantau dan 6 sembuh serta 4 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan keterangan 1 dalam perawatan, 2 sembuh dan 1 meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto, Minggu (29/3/2020). “Harapannya Kabupaten Probolinggo bisa bebas COVID-19,” katanya.

Menurut Anang, kondisi PDP balita usia 3 tahun asal Desa Sukapura Kecamatan Sukapura saat ini baik dan tinggal menunggu hasil swapnya saja. Nanti kalau hasil dua swapnya muncul negatif maka kita pulangkan.

“Sambil menunggu hasil swapnya, untuk sementara ini yang bersangkutan masih menjalani perawatan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan karena kapasitas di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang penuh,” jelasnya.

Anang menerangkan bahwa Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE sudah menyiapkan dan merencanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan social distancing dan physical distancing secara selektif.

“Insya Allah besok akan ditetapkan oleh Ibu Bupati dan paling tidak Selasa nanti sudah ada apa yang harus dilakukan. Rencana memang sudah ada, berkaitan dengan arahan dari Ibu Gubernur ini masih dalam proses pembahasan oleh Ibu Bupati,” pungkasnya.

Terkait dengan banyaknya kejadian jamaah umroh yang positif COVID-19 di daerah lain Anang menegaskan bahwa semua jamaah umroh yang di Kabupaten Probolinggo sudah ada daftarnya dan sudah didistribusikan kepada seluruh puskesmas untuk dilacak dan didampingi.

“Kita harapkan mereka melakukan isolasi mandiri, kalau ada sakit ya langsung diobati. Itu yang saat ini kami lakukan. Alhamdulillah, sampai saat ini jamaah umroh tidak ada yang positif. Kami selalu berharap mudah-mudahan Kabupaten Probolinggo bebas dari COVID-19),” pungkasnya. (wan)

cww trust seal