Friday, November 22, 2019
Depan > Pendidikan > Santri PP Zainul Hasan Genggong Ramaikan Lomba Mading 3 Dimensi

Santri PP Zainul Hasan Genggong Ramaikan Lomba Mading 3 Dimensi

Reporter : Hendra Trisianto
PAJARAKAN – Menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2019, Pengurus Komisariat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong menggelar lomba majalah dinding (Mading) 3 dimensi, Jum’at (18/10/2019) pagi di halaman pesantren.

Even yang diikuti oleh para pelajar dan santri di bawah naungan Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong Kecamatan Pajarakan ini terdiri dari belasan delegasi dari lembaga pendidikan setingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan sederajat.

Hadir dalam lomba tersebut Ofie Agustin Kepala Bidang Infokom Publik pada Diskominfo Kabupaten Probolinggo yang juga bertindak selaku juri bersama salah satu person jurnalis pada media swasta nasional.

Ofie mengapresiasi kegiatan dan ide diadakannya lomba mading 3D yang digagas oleh panitia HSN Pesantren Genggong khususnya IPNU. Menurutnya, lomba mading merupakan media yang efektif untuk memunculkan daya inovasi dan kreatifitas para santri dalam rangka upaya mencetak santri yang unggul dan kompetitif.

“Sesuai dengan tema lomba kali ini yakni Santri Unggul Indonesia Makmur”, hasil karya santri Pesantren Genggong ini sangat bagus dan berkualitas, mereka mampu mengekspresikan dan mewujudkan ide-ide kreatif dan gagasan mereka melalui media mading yang menurut saya kualitasnya sangat keren,” terang Ofie Agustin.

Sementara Muhammad Hendra, Wakil Kepala Biro Pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong mengemukakan bahwa sejak ditetapkannya tanggal 22 Oktober 2015 yang lalu sebagai Hari Santri Nasional telah mendorong kalangan santri untuk lebih maju dan kreatif dalam berkarya.

“Kalau kita perhatikan bahan baku yang digunakan para santri dalam pembuatan madingnya rata-rata menggunakan bahan bekas yang sudah tidak terpakai. Ide yang tertuang dalam mading nya pun sangat lugas, aktual dan informatif kekinian,” tandasnya.

Setelah hampir 3 jam dilakukan seleksi, OSIS MA Zainul Hasan keluar sebagai juara dengan perolehan poin 48. Posisi kedua, diraih oleh MA Zainul Hasan dengan 47 poin dan disusul SMP Zainul Hasan dengan perolehan poin 46. (dra)

cww trust seal