Monday, November 23, 2020
Depan > Kesehatan > Sampai Saat Ini Penularan COVID-19 di Air Belum Terbukti

Sampai Saat Ini Penularan COVID-19 di Air Belum Terbukti

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan hingga saat ini belum ada bukti penularan Corona Virus melalui air. Chlorin terbukti efektif menginaktifasi virus corona, sehingga air kolam renang yang rutin didisinfeksi dengan chlorin, risiko adanya virus corona hidup di air kolam sangat kecil.

“Hasil penelitian menemukan virus SARS CoV 2 di sampel feses pasien rumah sakit, ada kemungkinan penularan dapat terjadi dari air yang terkontaminasi feses. SARS CoV bisa terdeteksi pada air limbah/air di lingkungan tetapi bukan partikel virus yang infeksius,” katanya.

Menurut Dewi, suhu air sangat mempengaruhi ketahanan corona virus di air. Virus corona dapat bertahan di air yang suhunya rendah. Tetapi mudah didisinfeksi dengan chlorin. “Virus COVID-19 bisa dideteksi di feses pasien dan masih infeksius,” terangnya.

Kesimpulannya tambah Dewi, penularan COVID-19 di air belum terbukti hingga saat ini. Namun penularan masih sangat bisa terjadi saat kepala keluar dari air/kolam, sehingga beberapa tips agar terhindar dari penularan COVID-19 saat berenang.

“Jaga jarak saat di kolam. Saat di luar kolam, tetap pakai masker dan jaga jarak. Hindari berenang saat kolam renang padat dan ramai serta pastikan hotel penyedianya melakukan protokol kesehatan,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal