Sunday, August 9, 2020
Depan > Kesehatan > RSUD Tongas Sosialisasikan Etika Batuk dan Cuci Tangan Yang Benar

RSUD Tongas Sosialisasikan Etika Batuk dan Cuci Tangan Yang Benar

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit menular termasuk virus Corona, RSUD Tongas melalui Tim PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) dan Tim PPI (Pengendalian dan Pencegahan Infeksi) memberikan sosialisasi etika batuk dan 6 (enam) langkah tata cara mencuci tangan yang benar kepada pasien rumah sakit, Senin (9/3/2020).

Kegiatan ini difokuskan kepada pasien yang ada di Poli Spesialis RSUD Tongas. Sosialisasi inipun disambut antusias oleh pasien rumah sakit yang selama ini hanya mencuci tangan alakadarnya. Dengan sosialisasi ini pasien tahu tentang virus corona dan cara mencegahnya dengan cara batuk yang benar, cara memakai masker yang benar serta cara 6 (enam) langkah cuci tangan yang benar.

Dalam kesempatan tersebut petugas PKRS dan PPI mempraktekkan langkah-langkah cuci tangan menggunakan yang tepat diikuti oleh para pasien rumah sakit. Bahkan mereka juga diberikan sosialisasi etika batuk agar percikkan air ludahnya tidak mengenai orang lain yang berpotensi untuk penularan berbagai macam penyakit.

Direktur RSUD Tongas dr Hariawan Dwi Tamtama mengungkapkan sosialisasi etika batuk dan tata cara cuci tangan yang benar ini tidak hanya untuk menerapkan pola hidup sehat saja, tetapi juga merupakan cara yang efektif untuk mencegah penyebaran berbagai macam penyakit menular termasuk virus Corona.

“Kami selalu berkomitmen memberikan sosialisasi kepada seluruh pengunjung rumah sakit baik pasien maupun keluarganya untuk menjalani hidup bersih dan sehat. Salah satu caranya adalah dengan cuci tangan yang tepat. Seringkali masyarakat tidak paham bahwa manfaat cuci tangan itu luar biasa untuk mencegah penyebaran berbagai macam penyakit menular,” katanya.

Hariawan menjelaskan hanya cuci tangan yang paling efektif untuk mencegah atau menghindari supaya tidak terpapar dengan orang yang terkena virus Corona. Selain cuci tangan, juga etika batuk harus memakai langkah-langkah dengan cara ditutup memakai lipatan tangan kanan atau kiri.

“Sosialisasi ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat karena selama ini mereka cuci tangan ala kadarnya dan belum tentu dapat menghilangkan kuman yang menempel di tangan yang berpotensi dapat menularkan atau tertular penyakit,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal