Thursday, November 26, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Ribuan Masyarakat Semarakkan Car Free Day Jilid IV

Ribuan Masyarakat Semarakkan Car Free Day Jilid IV

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Ribuan masyarakat yang ada di Kota Kraksaan dan sekitarnya turut menyemarakkan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) jilid IV di sepanjang Jl Imam Bonjol Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan, Minggu (8/12/2019) pagi.

Kegiatan CFD yang mengambil tema “Siap Membangun Negeri untuk Indonesia Maju. Kerja.. Kerja.. Kerja…” ini digawangi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo. Seperti biasa, CFD ini dimeriahkan dengan kehadiran puluhan IKM serta pelayanan yang diberikan oleh beberapa OPD terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo.

CFD Jilid IV ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Rangkaian kegiatan CFD kali ini diawali dengan Senam Rekreasi Jawa Timur oleh ibu-ibu PKK, Perwosi, Bhayangkari, Persit bersama OPD dan masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan senam zumba bersama dengan instruktur Zein Key.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan keberhasilan penyelenggaraan hari bebas kendaraan bermotor di Kota Kraksaan adalah bukti komitmen dan kerjasama berbagai unsur mulai dari Pemerintah Daerah, dunia usaha dan partisipasi warga masyarakat, termasuk juga dukungan unsur kepolisian dan TNI.

”Kita semua berharap kegiatan ini menjadi salah satu solusi untuk menciptakan kualitas hidup yang lebih sehat, nyaman dan bersih di Kabupaten Probolinggo khususnya Kota Kraksaan,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, kegiatan hari bebas kendaraan bermotor dimaksudkan sebagai upaya mengurangi polusi udara, khususnya akibat penggunaan kendaraan bermotor sehingga kualitas udara dapat meningkat sehat. Ini merupakan dampak positif dari penutupan beberapa ruas jalan di Kota Kraksaan selama berlangsungnya kegiatan.

”Secara berkala pada hari Minggu, Pemkab Probolinggo melalui hari bebas kendaraan bermotor memfasilitasi tumbuhnya aneka potensi, kreatifitas dan inovasi masyarakat di bidang seni, budaya, olahraga dan kegiatan sosial. Mengingat keberlangsungan kegiatan ini bergantung juga pada partisipasi aktif masyarakat dari berbagai kalangan, saya menghimbau dunia usaha dan masyarakat aktif mencermati dan menangkap peluang untuk menumbuhkan potensi ekonomi kreatif,” jelasnya.

Kepada jajaran organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Probolinggo Wabup Timbul meminta agar terus mendorong terciptanyanya efek ikutan yang sehat dan dinamis sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

”Deteksi dini juga perlu dilakukan untuk menhindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti ketidakteraturan pedagang kaki lima, tindak kriminalitas, masalah kebersihan lingkungan dan sebagainya. Dengan demikian dampak negatif bisa diantisipasi secara dini dan segera dapat dicarikan solusinya,” pungkasnya.

Terpisah Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo mengungkapkan kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yg sangat bagus. Selain ikut mengurangi polusi udara, juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatnya penghasilan pedagang kaki lima. Kegiatan ini juga bisa sebagai sarana hiburan bagi masyarakat.

”Sesuai tema yang kami angkat, pada intinya kami siap melaksanakan tugas pengabdian dalam membangun infrastruktur untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dibidang ke Pekerjaan Umum. Kerja…kerja…kerja,” katanya.

Dalam kesempatan Wabup Timbul didampingi Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Pemilihan Petugas OP Tingkat Juru Pengairan dan Korwil Terbaik.

Untuk Juru Pengairan, juara 1 diraih Juru Pengairan Blado Kulon atas nama Karnadi, juara 2 diraih Juru Pengairan Wangkal atas nama Fadillah, juara 3 diraih Juru Pengairan Klaseman atas nama Abdul Aziz, harapan 1 diraih Juru Pengairan Sumberbulu atas nama Suwargi, harapan 2 diraih Juru Pengairan Kedungcaluk atas nama Sanusi, harapan 3 diraih Juru Pengairan Sumbercenteng atas nama Djasuli dan harapan 4 diraih Juru Pengairan Triwung Kidul atas nama Mad Yasin.

Sementara untuk Korwil Terbaik, juara 1 diraih Korwil Sebaung atas nama Farid Hidayat, juara 2 diraih Korwil Sumberasih atas nama Sucipto dan juara 3 diraih Korwil Pekalen atas nama Sukarli.

Di bagian akhir kegiatan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba mewarnai tingkat PAUD/Kelompok Belajar se-Kecamatan Kraksaan. (wan)

cww trust seal