Friday, September 20, 2019
Depan > Informasi Layak Anak > Ribuan Anggota Pramuka Kraksaan Bersihkan Sampah di Kalibuntu

Ribuan Anggota Pramuka Kraksaan Bersihkan Sampah di Kalibuntu

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sedikitnya 1.500 orang anggota pramuka di Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kraksaan melakukan clean up bakti kebersihan berupa bersih-bersih sampah di sungai Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan, Jum’at (13/9/2019) pagi.

Ribuan anggota pramuka ini terdiri dari perwakilan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo, Kwarran Gerakan Pramuka Kraksaan, kepala sekolah dari 39 lembaga, siswa SMA, SMP dan MI Nurul Islam Desa Kalibuntu, SMP Taman Madya Kraksaan serta SD Kalibuntu 1, 2 dan 3. Tidak ketinggalan pula ratusan siswa dari Tim Adiwiyata SMPN 2 Kraksaan.

Clean up bakti kebersihan ini dimulai pada pukul 07.00 WIB. Fokus kegiatan ini diawali dari SDN Kalibuntu 2 hingga suangai depan Balai Desa Kalibuntu. Dalam kegiatan ini, ribuan anggota pramuka membagi tim menuju ke titik sasaran masing-masing. Sungai-sungai yang tersumbat oleh sampah langsung dibersihkan.

“Dalam kegiatan ini kami berhasil mengumpulkan sampah plastik dan non plastik. Kalau diprosentase dari hasil sampah yang dikumpulkan, 80% diantaranya adalah sampah plastik. Sampah-sampah inilah yang dapat menyumbat saluran air dan menebarkan bau yang tidak sedap,” kata Ketua Kwarran Gerakan Pramuka Kraksaan Kak Ari Wiseto didampingi Wakil Ketua Kwarran Gerakan Pramuka Kraksaan Kak Miswagiyanto.

Selanjutnya sampah yang diperoleh langsung dikumpulkan pada bak sampah yang disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo. Dimana nanti akan diangkut ke TPA Seboroh Kecamatan Krejengan. “Ini merupakan salah satu program Pramuka Peduli lingkungan. Salah satunya untuk mengatasi timbunan sampah plastik yang berada di lingkungan Desa Kalibuntu,” jelasnya.

Menurut Kak Ari Wiseto, kegiatan ini bertujuan sebagai aksi lingkungan Pramuka Peduli kepada masyarakat Desa Kalibuntu untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sekaligus untuk mendukung budaya hidup bersih dan sehat masyarakat.

“Pesan moral yang ingin saya sampaikan, bersih itu sehat. Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya. Bentuklah kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan sesuai dengan visi dan misi dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Terkait dengan keterlibatan siswa, Kak Ari Wiseto menegaskan bahwa hal ini merupakan salah satu bentuk penumbuhan pendidikan karakter secara langsung. “Dengan kegiatan ini, anak-anak bisa mempraktekkan langsung budaya hidup bersih dan sehat. Paling tidak untuk menjaga kebersihan ini kami berusaha untuk menyentuh anak-anaknya. Sehingga harapannya nanti memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungannya,” tegasnya.

Sementara Andalan Cabang Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Mistaful Hudan mengungkapkan kegiatan clean up bakti kebersihan lingkungan ini dilakukan untuk menindaklanjuti saran dan himbauan dari Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko kepada Kwarran Gerakan Pramuka Kraksaan untuk melakukan bersih-bersih lingkungan di Desa Kalibuntu. Karena ada laporan pengaduan terkait menumpuknya sampah hingga menyebabkan saluran air tersumbat.

“Kami berharap Pemerintah Desa Kalibuntu juga bisa berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungannya dari tumpukan sampah. Sehingga tidak hanya pramuka saja yang peduli, namun ada keterlibatan dari pemerintah desa. Jika lingkungan bersih, maka masyarakat akan hidup sehat. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat,” harapnya. (wan)