Friday, November 22, 2019
Depan > Kesehatan > Resmi, Pengurus SBH Puskesmas Tongas Dikukuhkan

Resmi, Pengurus SBH Puskesmas Tongas Dikukuhkan

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Pengurus Saka Bakti Husada (SBH) Puskesmas Tongas masa bakti 2019-2023 resmi terbentuk dan dikukuhkan, Senin (25/3/2019). Pengukuhan ini dipimpin oleh Pimpinan Saka Bakti Husada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo Sri Rusminah.

Dalam kepengurusan ini, Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani sebagai Ketua Mabi SBH, Pamong Saka adalah Anisa Nur Hidayati dan Pimpinan Saka Ranting Tongas Sukriyah Nikmah. Turut dikukuhkan pula 6 (enam) instruktur saka diantaranya Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Bina Gizi, Krida Bina Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Obat dan Krida Bina PHBS.

Sebagai Ketua Dewan SBH Puskesmas Tongas adalah Trisna Alya SN dan Wakil Ketua Wisesa Winingrat. Pengukuhan ini dihadiri oleh Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Tongas Nur Rohim.

Ketua Dewan SBH Puskesmas Tongas Trisna Alya SN mengaku sangat senang dipercaya memimpin SBH Puskesmas Tongas. Untuk program terdekat, pihaknya mengaku akan terlibat langsung dalam pos pengamanan lebaran yang biasanya melibatkan Puskesmas Tongas.

“Kami akan segera menyusun program selama setahun dan langsung memilah satu persatu program tersebut sesuai bidang masing-masing supaya tepat sasaran dan tepat program. Oleh karena itu, kami membutuhkan bimbingan penuh dari Puskesmas Tongas agar program yang kami susun dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama,” ungkapnya.

Sementara Pimpinan Saka SBH Dinkes Kabupaten Probolinggo Sri Rusminah menyampaikan ucapan selamat atas terbentuk dan telah dikukuhkannya pengurus SBH Puskesmas Tongas dengan harapan mampu memberikan manfaat bagi generasi muda di wilayah kerja Puskesmas Tongas menjadi lebih baik dan menjadi agen perubahan di bidang kesehatan.

“Semoga para pengurus SBH Puskesmas Tongas ini memiliki sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat serta menjadi contoh bagi teman sebaya, keluarga dan masyarakat di lingkungannya. Sekaligus mau menyebarluaskan informasi kesehatan kepada masyarakat,” harapnya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Tongas Nur Rohim. Pihaknya mengaku sangat senang dan bangga atas terbentuknya kepengurusan SBH Puskesmas Tongas. Harapannya bisa menjadi wadah para generasi muda dan berbuat bagi masyarakat di bidang kesehatan.

“Setelah dikukuhkan pengurus SBH Puskesmas Tongas hendaknya segera membuat program kerja. Karena dengan program terukur, maka kegiatan akan berjalan dengan baik. Koordinasi dan evaluasi kegiatan setiap tahun harus ada untuk mengukur sejauh mana dia mendarma bhaktikan dirinya kepada masyarakat,” katanya.

Sedangkan Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani mengatakan SBH merupakan salah satu wadah untuk menempa pengetahuan dan keterampilan tentang kesehatan dan melakukan aksi nyata yang bermanfaat tidak hanya untuk remaja namun juga untuk masyarakat.

“Harapannya nanti SBH ini bisa bersinergi dengan karang taruna untuk mengaktifkan posyandu remaja dalam meningkatkan kesehatan remaja serta sebagai upaya mencegah kematian ibu dan bayi yang lebih ke hulu lagi,” harapnya. (wan)

cww trust seal