Wednesday, August 12, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Rencanakan Pembentukam Paguyuban Pembenih

Rencanakan Pembentukam Paguyuban Pembenih

Reporter : Mujiono
GENDING – Sebagai upaya pengembangan usaha perbenihan rakyat, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo menggelar pertemuan usaha pembenihan rakyat di RM Selera Desa Pajurangan Kecamatan Gending, Selasa (15/10/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang peserta yang merupakan pembenih rakyat di Kabupaten Probolinggo. Mereka mendapatkan materi dari Suher, salah satu pembenih asal Desa Sumbersuko Kecamatan Dringu dengan materi aplikasi penggunaan jaring shadingnet pada kolam pembenihan sehingga dapat meningkatkan angka kehidupan benih yang dipelihara.

Pertemuan yang difasilitasi oleh Sudarmanto dari KADIN (Kamar Dagang Indonesia) Kabupaten Probolinggo ini melakukan pembahasan tentang visi dan misi serta tujuan dengan terbentuknya paguyuban.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Perikanan Budidaya Wahid Noor Azis mengungkapkan tujuan awal dari pembentukan paguyuban pembenih adalah komitmen dalam meningkatkan produksi dan menghasilkan benih Kabupaten Probolinggo yang unggul dan diakui oleh daerah lain.

“Kegiatan ini dimaksudkan akan terbentuknya paguyuban pembenih sebagai pengusaha yang mampu melakukan usaha di bidang pembenihan yang dapat maju dan berkembang,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini Wahid mengharapkan paguyuban pembenihan ikan khususnya ikan lele memberikan warna tersendiri sehingga dengan mengikuti pola pengusaha memberikan pelayanan dan menghasilkan benih yang unggul sehingga benihnya dapat diakui oleh pembudidaya baik dari dalam maupun luar Kabupaten Probolinggo.

“Dengan peningkatan produksi benih nantinya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasar benih lokal dan keluar Kabupaten Probolinggo, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota paguyuban pembenihan,” pungkasnya. (y0n)

cww trust seal