Tuesday, September 29, 2020
Depan > Pemerintahan > Refresh SAKIP Bagi Tim SAKIP Kabupaten Probolinggo

Refresh SAKIP Bagi Tim SAKIP Kabupaten Probolinggo

Reporter : Syamsul Akbar
MALANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Organisasi menggelar refresh Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) bagi Tim SAKIP Kabupaten Probolinggo di Hotel Grand Palace Malang, Kamis dan Jum’at (5-6/3/2020).

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Abdul Halim ini diikuti 13 orang dari Inspektorat, 10 orang dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan 6 orang dari Bagian Organisasi Setda Kabupaten Probolinggo.

Sebagai narasumber hadir Oscar Radyan Danar, S.AP, M.AP, Ph.D dan Ahmad Miftakhul Khoiri, S.AP, M.AP selaku dosen dan Tenaga Ahli Governance Lab-FIA Universitas Brawijaya Malang.

Kabag Organisasi Setda Kabupaten Probolinggo Anna Maria DS menyampaikan kegiatan ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh Pemkab Probolinggo sebagai tahapan untuk meraih SAKIP A. “Tim SAKIP Kabupaten Probolinggo ini perlu dikuatkan karena ketiga instansi mempunyai peran penting dan regenerasi anggota Tim SAKIP yang baru,” ujarnya.

Sementara Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Abdul Halim mengatakan kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kapasitas dan kemampuan Tim SAKIP Kabupaten Probolinggo, transfer ilmu berkelanjutan dan regenerasi anggota Tim SAKIP.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan materi tentang 5 (lima) komponen SAKIP, minimum requirement SAKIP, probis dan pengisian LKE SAKIP serta pendalaman dan praktek keselarasan perencanaan, penganggaran, pengukuran kinerja, evaluasi, pelaporan dan capaian kinerja,” katanya.

Halim mengharapkan seluruh peserta mengikuti seluruh kegiatan dan penyampaian materi narasumber guna peningkatan pemahaman implementasi SAKIP sesuai tusi masing-masing anggota tim. Seluruh peserta akan menjadi Tim Inti SAKIP Kabupaten Probolinggo dengan tugas melakukan pendampingan pada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dalam rangka peningkatan implementasi SAKIP OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo.

“Setelah kegiatan refresh diharapkan seluruh Tim SAKIP dapat meningkatkan sinergi, koordinasi dan kerja sama guna pencapaian target Ibu Bupati Probolinggo untuk meraih SAKIP predikat A,” harapnya. (wan)

cww trust seal