Thursday, June 27, 2019
Depan > Informasi Layak Anak > Ratusan Siswa SMPN 1 Kraksaan Praktek Mengurus Jenazah

Ratusan Siswa SMPN 1 Kraksaan Praktek Mengurus Jenazah

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sedikitnya 365 orang siswa dan siswi dari kelas 7 dan 8 SMP Negeri 1 Kraksaan melakukan praktek mengurus (merawat) jenazah. Praktek ini dilakukan untuk mengisi kegiatan Pondok Ramadhan 1440 Hijriyah, Senin hingga Rabu (27-29/5/2019).

Selama praktek mengurus jenazah, ratusan siswa ini dilatih oleh Tim GPAI SMP Negeri 1 Kraksaan. Materi yang diberikan adalah tata cara dan praktek mengurus jenazah meliputi memandikan jenazah, mengkafani jenazah, mensholati jenazah dan menguburkan jenazah.

Kepala SMP Negeri 1 Kraksaan Hudawati mengatakan praktek mengurus jenazah ini dimaksudkan untuk mengenalkan lebih dini pada siswa tentang tata cara dalam mengurus jenazah. Karena ini merupakan salah satu kewajiban bagi sesama umat muslim.

“Tujuannya agar siswa selalu ingat bahwa kita semua akan meninggal dunia, agar siswa mampu dan bisa mempraktekkan tata cara mengurus jenazah dalam kehidupan sehari-hari serta agar siswa mampu dan bisa mempraktekkan mengurus jenazah pada orang-orang yang dicintai saat meninggal dunia,” katanya.

Dalam praktek mengurus jenazah ini, para siswa dan siswi SMP Negeri 1 Kraksaan terlihat sangat antusias mengikuti bimbingan yang diberikan Tim GPAI. Sesekali mereka bertanya ketika ada materi yang tidak dipahaminya.

“Melalui kegiatan ini kami berharap siswa SMP Negeri 1 Kraksaan sudah mampu dan bisa mengurus jenazah dalam kehidupan sehari-hari, terutama pada orang-orang yang dicintai, khususnya kedua orang tuanya ketika meninggal dunia,” harapnya. (wan)