Friday, December 6, 2019
Depan > Pendidikan > Ratusan Siswa SD Ramaikan Seleksi FLS2N

Ratusan Siswa SD Ramaikan Seleksi FLS2N

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sedikitnya 144 orang siswa SD perwakilan dari 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo turut serta meramaikan seleksi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD yang digelar oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo di Aula Bin Hasan SMP HATI Billingual Boarding School (BBS) Kraksaan, Rabu (7/8/2019).

Ruang lingkup FLS2N jenjang SD tahun 2019 yang mengambil tema “Seni Membentuk Kepekaan Rasa Terhadap Lingkungan Lokal dan Global” ini terdiri dari 4 (empat) jenis cabang lomba. Yakni, lomba menyanyi tunggal, lomba seni tari, lomba pantomim dan lomba gambar bercerita.

Untuk lomba menyanyi tunggal diikuti 24 orang, lomba seni tari diikuti 72 orang (setiap kecamatan 3 orang), lomba pantomim diikuti 24 orang dan lomba gambar bercerita diikuti 24 orang. Mereka adalah juara 1 dari hasil seleksi FLS2N tingkat kecamatan. Dewan juri terdiri dari Praktisi Seni, guru SMP dan guru SMA/SMK yang potensi di bidangnya di Kabupaten Probolinggo.

Nantinya juara 1, 2 dan 3 dari setiap jenis lomba akan diberi hadiah berupa piagam, piala dan uang pembinaan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Para juara 1 setiap cabang lomba akan diikutkan dalam seleksi FLS2N tingkat Provinsi Jawa Timur.

Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD Dispendik Kabupaten Probolinggo Bebun Handaka mengatakan FLS2N ini bertujuan untuk memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik sekolah dasar dalam mengembangkan diri secara optimal sehingga meningkatkan mutu pendidikan.

“Selain itu, mengekspresikan seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik yang berbasis budaya bangsa serta menumbuhkembangkan daya kreativitas dan memotivasi peserta didik untuk mengekpresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya,” ungkapnya.

Menurut Bebun, FLS2N ini merupakan salah satu upaya untuk menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni, khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa. Disamping menumbuhkembangkan sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi.

“FLS2N ini merupakan wadah untuk mencari bibit-bibit terbaik di tingkat Kabupaten Probolinggo. Harapannya nanti mampu membentuk budi pekerti peserta didik dalam rangka penguatan pendidikan karakter,” tegasnya.

Sementara Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengatakan FLS2N jenjang SD ini merupakan agenda tahunan sebagai ajang mengasah minat dan bakat siswa di bidang seni. Pemenangnya akan mengikuti kegiatan serupa di tingkat Jawa Timur dan jika lolos akan maju ke tingkat nasional.

“Melalui FLS2N ini diharapkan anak-anak dapat menyalurkan minat dan bakatnya di bidang seni secara terarah dan positif,” harapnya. (wan)

cww trust seal