Saturday, December 7, 2019
Depan > Informasi Layak Anak > Ratusan Santri Ponpes HATI dan Siswa SDN Rangkang Ikuti Sosialisasi Gemarikan

Ratusan Santri Ponpes HATI dan Siswa SDN Rangkang Ikuti Sosialisasi Gemarikan

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) bersama ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) HATI dan siswi SDN Rangkang Kecamatan Kraksaan, Selasa (21/8/2019) pagi di halaman aula Bin Hasan Ponpes HATI Kraksaan.

Sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim Efi Afiana Sari tersebut dihadiri oleh Kepala SMP HATI Billingual Boarding School (BBS) Kraksaan Fathur Rozi, Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo, Dedy Isfandi dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Di awal sambutannya Evi Afiana Sari mengapresiasi tingkat konsumsi ikan per kapita Kabupaten Probolinggo yang semakin baik mendekati target nasional 46 kg per orang per tahun. Dimana sampai tahun 2018, konsumsi ikan di Kabupaten Probolinggo telah mencapai hampir 25 kilogram per orang.

“Rupanya capaian ini juga karena dibantu oleh salah satu yayasan pendidikan yakni Ponpes HATI yang ternyata dalam kesehariannya menjadikan ikan sebagai lauk utama untuk konsumsi santri/siswanya,” puji Evi Afiana diiringi tepuk tangan panjang para santri dan seluruh yang hadir.

Evi juga mengungkapkan apresiasinya atas sistem dan metode pendidikan pondok pesantren yang saat ini banyak diminati masyarakat. Selain pendidikan agama dan pendidikan umum, ia mengatakan bahwa di setiap pondok pesantren yang dikunjunginya para santri/siswa juga dikenalkan pelajaran life skill seperti berkebun, berternak dan handycraft.

Selanjutnya Evi berharap agar di Kabupaten Probolinggo terus menggencarkan gerakan nasional Gemarikan ini. Karena seperti yang sudah diketahui bahwa kandungan protein dalam daging ikan jauh lebih bermanfaat bagi anak-anak baik utk kecerdasan otak maupun untuk tumbuh kembang generasi Indonesia jauh lebih baik.

“Terimakasih atas segala upaya Pemkab Probolinggo selama ini dalam membudayakan konsumsi ikan. Karena tentunya ini bukan untuk kami, namun dalam rangka mencetak SDM generasi masa depan yang lebih berkualitas,” tutupnya.

Sementara Fathur Rozi, Kepala SMP HATI BBS Kraksaan sangat menyambut baik adanya sosialisasi Gemarikan yang digelar di lingkungan Ponpes HATI. Ia mengungkapkan budaya konsumsi ikan sudah dilaksanakan sejak tahun 2014 awal Ponpes HATI berdiri dan bisa dipastikan setiap santri/siswa yang tinggal di Pesantren HATI satu kali dalam sehari makan lauk ikan laut.

“InsyaAllah visi misi ini sesuai moto kami, yakni ingin menghantarkan anak-anak didik kami menjadi pribadi berbakti kepada orang tua, agama dan nusa bangsa. Generasi yang mampu menjalankan ajaran agama Islam yang rahmatal lil alamin, mampu menebarkan kebaikan, menebarkan amal shaoleh dimanapun mereka nanti akan tinggal dan hidup,” papar Fathur Rozi.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua dan kedepan mampu mewujudkan kehidupan anak bangsa yang cerdas hatinya, cerdas fikirnya dan cerdas emosionalnya, sehat jasmaninya serta tumbuh sempurna tidak stunting,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal