Tuesday, February 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Ratusan Pengurus GP Ansor Kota Kraksaan Dilantik

Ratusan Pengurus GP Ansor Kota Kraksaan Dilantik

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Kraksaan Kabupaten Probolinggo periode 2018-2022 resmi dilantik, Rabu (12/2/2020) pagi di Gedung Islamic Centre (GIC) Kota Kraksaan. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Kasatkornas Banser Pimpinan Pusat GP Ansor H Alfa Isnaeni.

Sebanyak 125 pengurus tersebut dilantik dihadapan sekitar 1000 tamu undangan masyarakat Nahdliyin dan segenap pengurus Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksaan dan jajaran serta pengurus Pimpinan Cabang GP Ansor Kota Kraksaan, termasuk unsur Forkopimda Kabupaten Probolinggo dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo serta beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Hadir dalam momentum tersebut Kepala Bakesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) Provinsi Jawa Timur Jonathan Judyanto mewakili Wakil Gubernur (Wabup) Jawa Timur yang sebelumnya dijadwalkan untuk menghadiri pelantikan ini. Turut mendampingi saat itu Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto mewakili Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari, SE.

Dalam sambutannya Ugas Irwanto mengatakan kader GP Ansor adalah generasi penerus perjuangan bangsa sekaligus pengisi pembangunan. Oleh sebab itu diharapkan mereka dapat berkiprah mengawal pembangunan dari berbagai sektor dengan karya dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Adanya sinergitas yang terjalin baik selama ini antara Pemerintah Daerah dan GP Ansor agar semakin dimantapkan, khususnya dalan pembinaan umat dalam bidang agama, sosial dan ideologi. Terutama dalam memerangi permasalahan bangsa yakni degrasi moral serta maraknya paham radikalisme yang mengancam kebhinekaan bangsa,” katanya.

Lebih lanjut kepada segenap kader GP Ansor dan Banser Ugas berharap agar mereka bisa menjadi contoh yang baik di masyarakat, menjadi garda terdepan menangkal segala bentuk paham radikal. Serta selalu eksis dalam mempertahankan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) An-Nahdliyah, istiqomah mengawal para ulama, agama, bangsa dan negara.

“Apresiasi juga kami sampaikan atas peran serta GP Ansor menjaga situasi aman dan kondusif di Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan sehingga proses pembangunan berjalan lancar. Selamat kepada segenap pengurus yang baru dilantik, semoga senantiasa amanah, istiqomah serta mampu mewujudkan cita-cita dan program kerjanya,” tandasnya.

Sementara Ketua PC GP Ansor Kraksaan Taufiq mengatakan, untuk segenap pengurus yang baru dilantik ada tiga pekerjaan rumah pengurus yang harus dikerjakan. Ketiga aspek yang menjadi pekerjaan rumah itu meliputi bagian ekonomi, politik dan hukum.

“Aspek ekonomi, bagaimana sekiranya nanti prinsip-prinsip mabadi’ khoiru ummah betul-betul bisa diterjemahkan, sebagaimana yang diinginkan oleh para guru dan juga ulama Nahdlatul Ulama,” kata Taufiq.

Di sektor politik sambung Taufiq, krisis kepemimpinan kadangkala membuat orang-orang yang sama sekali tidak mempunyai kemampuan, terpaksa ‘naik kelas’ untuk menduduki pos yang tidak sesuai dengan kemampuannya. Kedepan pihaknya akan mendistribusikan kader untuk mencegah terjadinya krisis kepemimpinan, terutama di partai politik.

Selanjutnya menurut Taufiq yang juga penting adalah advokasi di bidang hukum. Tujuannya bagaimana supremasi hukum bisa mengedukasi masyarakat Kabupaten Probolinggo yang selama ini kurang ‘melek’ hukum. Dimana fakta yang terjadi saat ini adalah hukum hanya dijadikan sebagai media saling serang antar komponen masyarakat.

“Kami harap nantinya kader GP Ansor juga bisa memberikan penyuluhan tentang hukum, sehingga kesadaran masyarakat soal hukum bisa meningkat. Hal ini sangat perlu kita lakukan sehingga masyarakat tidak hanya faham soal hukum agama, tetapi juga mengetahui hukum negara,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal