Monday, November 18, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Ratusan Pembina Pramuka se – Kwaran Paiton ikuti Karang Pamitran di Pantai Bohay

Ratusan Pembina Pramuka se – Kwaran Paiton ikuti Karang Pamitran di Pantai Bohay

Reporter : Hendra Trisianto

PAITON – Dalam rangka peningkatan kapasitas para pembina Pramuka, Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Paiton, mengawali untuk mengadakan kegiatan Karang Pamitran Kwartir Ranting 2019 di kawasan pantai wisata Bhinor Harmony (Bohay). Kegiatan Karang Pamitran ini merupakan salah satu agenda kerja pada Kwarcab Kabupaten Probolinggo yang kali ini akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan (Jum’at – Minggu).

Sedikitnya 100 kakak pembina Gugus Depan yang berpangkalan di SD, MI, MTs, SMP, SMA, MA dan SMK yang berada di wilayah binaan Kwaran Kecamatan Paiton mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan Karang Pamitran tersebut diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Probolinggo Kakak H.A.Timbul Prihanjoko, Jum’at (08/03/2019) malam.

Pembukaan Karang Pamitran perdana ini ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Kak Timbul Prihanjoko pada dua perwakilan peserta putra dan putri.

Dalam pengarahannya Kak Timbul mengemukakan bahwa kegiatan Karang Pamitran Kwaran ini juga merupakan wadah dan media bagi kakak – kakak pembina Pramuka untuk saling mengeratkan tali silaturahim serta saling memberikan informasi tentang perkembangan perkembangan saat ini di masing-masing gugus depan.

“Kami harap hasil dari kegiatan ini akan memberikan warna baru kepada kita semua khususnya kepada adik – adik kita. Kami mohon ajarkan materi – materi yang lebih kekinian kepada adik-adik kita. Manfaatkan kemajuan teknologi yang ada sehingga materi itu tidak membosankan dan menarik para generasi muda untuk bergabung dalam gerakan Pramuka,” tegas Kak Timbul Prihanjoko.

Selain itu Kak Timbul menerangkan bahwa Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo baik di tingkat Kwarcab maupun Kwaran memang selalu diarahkan agar melakukan kegiatan Kegiatannya di tempat – tempat wisata yang sedang berkembang.

Hal tersebut merupakan bagian dari tugas Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo untuk turut serta dalam mengembangkan dan mengangkat potensi – potensi wisata di Kabupaten Probolinggo.

“Harapannya adalah ketika kakak – kakak ini selesai berkegiatan di tempat wisata, kemudian akan bercerita kepada teman, sanak dan famili tentang pesona wisata ini khususnya melalui media sosial sehingga hal ini akan meramaikan sekaligus mengangkat potensi – potensi wisata itu,” tandasnya.

Sementara Abdul Halik SPd, Ketua Pelaksana Karang Pamitran Kwaran 2019 se – Kwaran kecamatan Paiton dalam laporannya menuturkan, disamping sebagai evaluasi kegiatan gudep dibawah binaan kwaran Paiton, maksud dan tujuan pelaksanaan giat Karang Pamitran ini adalah salah satu upaya demi tercapainya tujuan gerakan Pramuka di Kecamatan Paiton.

“Selain Ikut berpartisipasi salam menumbuhkan minat guru untuk mencintai gerakan Pramuka, dan mensukseskan program Pemerintah di dalam bidang Pembinaan generasi muda, kegiatan ini juga bertujuan untuk memantabkan program kerja Kwarcab Kabupaten Probolinggo sebagai pelaksana kurikulum 2013,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal