Saturday, May 25, 2019
Depan > Kesehatan > Ratusan Masyarakat Meriahkan Gebyar Germas Puskesmas Tongas

Ratusan Masyarakat Meriahkan Gebyar Germas Puskesmas Tongas

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Ratusan masyarakat dari beragam unsur dan lintas sektor di wilayah Kecamatan Tongas turut serta meramaikan gebyar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diadakan oleh Puskesmas Tongas di halaman Kantor Kecamatan Tongas, Sabtu (4/5/2019) pagi.

Gebyar Germas yang mengambil tema “Hidup Sehat : Bergerak, Bergizi dan Deteksi” ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tongas Rochmad Widiarto didampingi jajaran Forkopimka Tongas, Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani serta sejumlah lintas sektor yang ada di Kecamatan Tongas.

Kegiatan Gebyar Germas Puskesmas Tongas yang diawali dengan Senam Zumba ini juga diisi dengan pengukuhan Duta Kesehatan Remaja yang berisi unsur siswa SMA dan karang taruna. Fungsinya untuk menghidupkan Posyandu Remaja dan menjadi Konselor Remaja.

Selanjutnya diisi dengan penandatanganan Komitmen Bersama Stop Perkawinan Usia Anak oleh lintas sektor, Dance Cuci Tangan SBH SMAN 1 Tongas, Dance Ibu Bayi Sehat oleh Bidan, Emodemo oleh kader serta sarapan pecel bareng. Sekaligus Lomba Posyandu, PMT & MPASI serta drama PSN oleh Kader Jumantik Desa Sumendi yang menjadi juara 1 di tingkat Kabupaten Probolinggo.

Dalam kegiatan ini, disediakan 4 (empat) stand yang menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis. Meliputi, posbindu (cek gula darah dan kolesterol), skrining (TB, HIV, mata dan jiwa), Pos Remaja (pemeriksaan fisik khusus remaja) dan Pos Gigi (anak-anak SD untuk periksa kesehatan gigi).

Sesuai dengan temanya, Bergerak diisi dengan senam Zumba, Bergizi diisi dengan pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan, promosi kesehatan serta pemberian 100 paket sayuran kepada orang yang mengikuti pemeriksaan kesehatannya. Serta Deteksi diisi dengan mengajak masyarakat untuk cek rutin setiap 6 (enam) bulan sekali.

Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani mengatakan Gebyar Germas ini bertujuan untuk mempromosikan, mengajak dan memotivasi masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari dengan langkah sederhana seperti bergerak, bergizi dan deteksi.

“Selain itu untuk menjalin silaturahim diantara seluruh lintas sektor yang ada di wilayah Puskesmas Tongas dan menggugah para remaja agar terlibat aktif dalam penanganan kesehatan. Terlebih pada bulan Mei 2019 ini di Puskesmas Tongas akan disediakan khusus Poli Remaja berupa PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja),” katanya.

Dengan adanya Gebyar Germas ini Nia mengharapkan masyarakat semakin mendukung pelayanan kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat pada diri dan keluarganya masing-masing. “Setidaknya setelah kegiatan ini ada perubahan perilaku dari masyarakat untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Minimal lakukan aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan diri dan keluarganya,” harapnya.

Sementara Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengungkapkan Germas adalah program Pemkab Probolinggo untuk mensosialisasikan pola hidup sehat dan pola makan, periksa kesehatan rutin dan olahraga melalui senam atau aktivitas olahraga lainnya.

“Harapannya dengan kegiatan ini sosialisasi bisa lebih efektif dan melibatkan semua unsur masyarakat yang ada di tingkat kecamatan, khususnya wilayah Puskesmas Tongas,” ungkapnya.

Sedangkan Sekcam Tongas Rochmad Widiarto menyampaikan kegiatan Germas di Kecamatan Tongas ini merupakan salah satu program sinergitas antara Pemerintah Kecamatan Tongas dengan Puskesmas Tongas beserta elemen masyarakat sampai di tingkat desa dengan tujuan untuk menghidupkan kembali kebiasaan hidup sehat di masyarakat yang dimulai dari lingkungan keluarga.

“Kedepan Pemerintah Kecamatan Tongas berharap semoga tingkat kesadaran masyarakat semakin tinggi untuk menjaga kesehatan baik dengan aktif bergerak, meningkatkan kualitas gizi dan mampu mendeteksi dini gejala-gejala penyakit untuk melakukan upaya pencegahan sebelumnya,” katanya.

Dalam Gebyar Germas Puskesmas Tongas tahun 2019 ini, panitia menyediakan banjir hadiah dan doorprize bagi masyarakat yang datang langsung ke lokasi kegiatan di halaman Kantor Kecamatan Tongas. (wan)