Friday, November 15, 2019
Depan > Pemerintahan > Ratusan Karya Seniman Meriahkan Pameran Expo Pembangunan ViTok 2019

Ratusan Karya Seniman Meriahkan Pameran Expo Pembangunan ViTok 2019

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Ratusan karya seniman Kabupaten Probolinggo dipamerkan pada galery khusus untuk memeriahkan Pameran Expo Pembangunan Visit to Kraksaan (ViTok) tahun 2019 di Alun-alun Kota Kraksaan, Jum’at hingga Minggu (26-28/4/2019).

Tidak hanya dipajang, ratusan karya seni lukis berbagai jenis aliran, seni tanaman bonsai dan berbagai jenis kerajinan yang ada di galery Dekapro tersebut adalah untuk dijual. Bahkan akan ada lelang lukisan pada akhir acara Pameran Expo Pembangunan kali ini.

Galery yang diwadahi oleh Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo (Dekapro) ini juga tidak luput dari perhatian Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE bersama suami Drs H Hasan Aminuddin M.Si selaku anggota Komisi VIII DPR RI saat membuka pelaksanaan Pameran Expo Pembangunan ViTok, Jum’at (26/4/2019).

Saat itu Bupati Tantri mengapresiasi para seniman yang selalu semangat dalam berkiprah di Kabupaten Probolinggo pada bidang seni. Menurutnya, masyarakat kini sudah lebih menghargai sebuah karya seni. Oleh karena itu Bupati Tantri mengaku bangga dengan karya seni yang memanfaatkan berbagai media yang bervariatif seperti bambu dan pelepah pisang.

“Para seniman dan pengrajin kita mampu bertahan sampai saat ini karena memang mereka semua adalah manusia-manusia yang berjiwa besar dan bermental baja. Insya Allah mereka akan tetap eksis dengan karya-karyanya serta mendapatkan apresiasi masyarakat Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Tantri mengajak kepada para insan seni di Kabupaten Probolinggo untuk terus mengembangkan karya seninya. Karena bidang seni juga sangat layak untuk dikembangkan sebagai penggerak ekonomi kreatif di Kabupaten Probolinggo.

“Seperti pada daerah-daerah wisata di Indonesia, selain infrastruktur yang memadai, seni budaya dan kuliner adalah faktor penunjang utama yang sangat dibutuhkan dalam mendongkrak sebuah daerah,” tandasnya.

Sementara Indah Sari, Sekretaris Dekapro Kabupaten Probolinggo mengemukakan, tidak hanya karya para seniman profesional dan ternama saja yang ditampilkan di galerinya itu, ratusan karya anak sanggar dan komunitas juga turut ditampilkan. Ada yang bernilai ratusan ribu bahkan sampai lebih sepuluh juta rupiah lebih.

“Sejak sering diadakan pameran-pameran seni lukis dan seni lainnya, pelan-pelan sejak dua tahun terakhir ini melahirkan ragam kreatifitas dari para seniman kita. Dan Alhamdulillah masyarakat kini pun juga sudah lebih baik dalam menilai dan menghargai sebuah karya seni, khususnya anemo untuk membeli,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal