Monday, November 23, 2020
Depan > Kesehatan > Puskesmas Tongas Kedatangan Tim CBM Australia dan Paramitra

Puskesmas Tongas Kedatangan Tim CBM Australia dan Paramitra

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Puskesmas Tongas, Selasa (5/11/2019) Puskesmas Tongas dan Desa Dungun Kecamatan Tongas kedatangan tamu Mrs. Kirsten, selaku perwakilan dari CBM Australia yang memberikan dukungan dan bekerja sama dengan Paramitra selaku NGO (Non Government Organisation) yang peduli terhadap kesehatan mata dan difabel serta inklusifitas.

Sekitar pukul 08.30 WIB, tamu dari CBM Australia bersama Tim dari Paramitra menilik pelayanan rawat jalan di Puskesmas Tongas. Paramitra telah memberikan bantuan kepada beberapa puskesmas meliputi pelatihan, trial lens untuk pemeriksaan mata, pen light, e tumbling dan snellen chart.

Kedatangan CBM Australia dan Paramitra ini dimaksudkan untuk melihat pelayanan yang diberikan dan kebermanfaatkan dari bantuan dalam mengatasi masalah kesehatan khususnya kesehatan mata,” kata Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani.

Selanjutnya Kepala Puskesmas Tongas memaparkan inovasi Permata Bersusun (Pemeriksaan Mata Semua Dusun) mulai dari latar belakang dilakukan inovasi, cara kerja, keterlibatan kader dan masyarakat, pengembangan kegiatan di tahun 2019 ini (melatih pramuka melakukan skrining mata dan memasang poster pemeriksaan mata sendiri di tempat-tempat umum), capaian serta penghargaan yang pernah diraih di tingkat Kabupaten Probolinggo dan Provinsi Jawa Timur.

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi terkait kendala atau permasalahan yang ditemui di lapangan serta rekomendasi strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan mata kepada masyarakat.

Tim kemudian mengunjungi Rest Area Tongas yang terdapat poster-poster pemeriksaan mata sendiri. Diantaranya di Bank Jatim, warung rujak, warung mie ayam dan warung bakso. “Maksud kegiatan ini adalah agar masyarakat semakin sadar dengan kesehatan matanya sendiri dengan memeriksa apakah dalam jarak 6 meter masih bisa melihat huruf dengan jelas,” jelas Nia.

Dalam kesempatan tersebut, tim memberikan saran agar ada catatan tersendiri pasien-pasien yang datang ke puskesmas karena telah mencoba pemeriksaan sendiri ini sehingga bila cukup banyak yang datang maka metode ini bisa meluas digunakan.

Kemudian tim melakukan kunjungan ke posyandu lansia di Desa Dungun Kecamatan Tongas. Dalam posyandu tersebut hadir menyambut gembira Kepala Desa dan istri serta para kader dan lansia yang hadir di posyandu. Mereka melakukan diskusi terkait pelayanan di posyandu lansia, salah satunya melakukan skrining mata sebelum memasuki ruang posyandu lansia.

“Skrining mata ini dilakukan oleh kader. Bentuk deteksi dini gangguan penglihatan mata yang dilakukan di dusun-dusun melalui berbagai kegiatan, salah satunya posyandu lansia. Inilah yang dimaksud dengan pojok mata yang merupakan inti dari inovasi Permata Bersusun,” terang Nia.

Di akhir kegiatan, harapannya pemerintah, sektor kesehatan dan desa serta NGO bisa senantiasa bersinergi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Probolinggo. (wan)

cww trust seal