Friday, November 15, 2019
Depan > Kesehatan > Puskesmas Tongas Gelar Orientasi Kelompok Asman Toga dan Akupresure

Puskesmas Tongas Gelar Orientasi Kelompok Asman Toga dan Akupresure

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tongas, Rabu (24/4/2019) menggelar orientasi kelompok asuhan mandiri (asman) tanaman obat keluarga (toga) dan akupresure. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Puskesmas Tongas ini sebagai bagian dari program pelayanan kesehatan tradisional (yankestrad).

Pengenalan dan pembekalan ilmu toga akupresure diberikan oleh pihak Yankestrad Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo kepada para kader asman yang ada di wilayah Puskesmas Tongas.

“Kegiatan berlangsung lancar dan peserta sangat antusias mengetahui banyaknya tanaman di sekitar mereka yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu peserta juga merasa takjub dengan teknik akupresure yaitu dengan menekan satu titik tertentu untuk meringankan gejala gangguan kesehatan ringan,” kata Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani.

Setelah mengikuti kegiatan ini Nia mengharapkan para kader asman mampu membentuk kelompok asman. Dimana dalam satu kelompoknya terdiri dari 5-10 keluarga serta memberikan ilmu yang didapatnya sehingga tercipta taman-taman toga di sekitar rumah kelompok asman tersebut.

“Setelah mendapatkan ilmu, kelompok asman diharapkan memanfaatkan toga dan akupresure untuk pencegahan kesakitan dan penanganan gangguan kesehatan ringan secara alami, mandiri, lebih mudah dan lebih hemat. Sebuah alternatif lain yang dapat digunakan selain obat untuk mencegah atau mengatasi gangguan kesehatan ringan seperti pusing kepala, nyeri sendi atau nyeri haid,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal