Friday, November 22, 2019
Depan > Kesehatan > Puskesmas Tongas Bentuk Posyandu Kesehatan Jiwa di Semua Desa

Puskesmas Tongas Bentuk Posyandu Kesehatan Jiwa di Semua Desa

Reporter : Mujiono
TONGAS – Selama bulan September 2019, Puskesmas Tongas Kecamatan Tongas telah membentuk posyandu kesehatan jiwa di seluruh desa di wilayahnya. Terakhir, posyandu jiwa ini diresmikan di Desa Bayeman Kecamatan Tongas, Senin (23/9/2019).

Dengan demikian, posyandu kesehatan jiwa di wilayah Puskesmas Tongas ini telah terbentuk di Desa Wringinanom, Desa Curah Dringu, Desa Dungun, Desa Tongas Wetan, Desa Sumendi, Desa Sumberrejo dan Desa Sumberkramat.

Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani mengungkapkan pembentukan posyandu kesehatan jiwa ini dimaksudkan untuk memelihara kondisi kesehatan emosional, psikologis dan sosial yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat dengan dibimbing petugas-petugas yang memiliki kemampuan ketrampilan dan memiliki kemauan untuk meningkatkan kesehatan jiwa.

“Kegiatan posyandu kesehatan jiwa ini sasarannya adalah semua masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Tongas. Sedangkan sasaran khusus yaitu Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) baru dan lama, Orang Dengan Masalah Kesehatan Mental (ODMK). Misalnya, hipertensi, diabetes, kusta, TB paru, kusta, orang yang kehilangan anggota keluarga akibat bencana atau kecelakaan yang tidak bisa menerima kenyataan,” ungkapnya.

Menurut Nia, kegiatan pokok posyandu kesehatan jiwa ini meliputi pemantauan kesehatan fisik, pemantauan gejala psikis, pemberian psikofarmaka untuk kasus tertentu, penambahan nutrisi, pengendalian gejala oleh perawat, peningkatan ketrampilan perawatan diri serta peningkatan ketrampilan hidup sehari-hari dan produktifitas. (dra)

cww trust seal