Friday, September 20, 2019
Depan > Kesehatan > Puskesmas Gending Gelar Gebyar Germas Untuk Sadarkan Pola Hidup Sehat

Puskesmas Gending Gelar Gebyar Germas Untuk Sadarkan Pola Hidup Sehat

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Untuk lebih menyadarkan masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat, Puskesmas Gending menggelar Gebyar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Sabtu (31/8/2019) pagi.

Kegiatan yang digelar di halaman Puskesmas Gending ini diikuti oleh ratusan peserta dari 13 desa di wilayah Kecamatan Gending. Terdiri dari Kepala Desa dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa, organisasi kemasyarakatan serta pelajar tingkat SMA.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disporaparbud (Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan) Kabupaten Probolinggo Teguh Kawiandoko, Camat Gending Muhammad Abduh Ramin dan jajaran Forkopimka Gending serta lintas sektor yang ada di Kecamatan Gending.

Gebyar Germas di Puskesmas Gending ini diawali dengan senam bersama serta penyuluhan kesehatan tentang Germas. Dilanjutkan dengan kegiatan makan sehat dan makan buah bersama.

Dalam kegiatan tersebut, warga masyarakat juga mendapat pelayanan pemeriksaan gratis berupa pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol serta pemeriksaan asam urat serta kompetensi keperawatan holistik meliputi akupuntur, akupresure, bekam, hipnoterapi serta herbal.

Kegiatan Gebyar Germas ini juga dimeriahkan dengan lomba cipta menu sehat untuk ibu hamil yang diikuti oleh seluruh desa di wilayah Kecamatan Gending. Menu sehat yang dihasilkan selanjutnya dinilai oleh juri yang terdiri dari Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Sudjilawati Soeparwiyono, Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kabupaten Probolinggo Sri Rusminah dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Gending Rika Apria Muhammad Abduh Ramin.

Kepala Puskesmas Gending Mujoko mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

“Selain itu, meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat serta mengurangi beban biaya kesehatan,” katanya.

Menurut Mujoko, perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa. “Gebyar Germas menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik,” tegasnya.

Sementara Camat Gending Muhammad Abduh Ramin mengungkapkan gerakan masyarakat hidup sehat ini harus terus dilakukan karena memang sangat bermanfaat dan mudah-mudahan ke depan kegiatan ini bisa dilakukan semua desa. Harapannya masyarakat di wilayah Kecamatan Gending peduli akan gerakan hidup sehat.

“Jangan pernah bosan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya hidup sehat. Caranya bagaimana mengolahragakan tubuh kita dengan cara sering berolahraga yang hasilnya mudah kita rasakan. Dengan berolahraga pasti pikiran dan jiwa kita pun akan ikut serta menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Abduh mengajak segenap masyarakat agar senantiasa menjaga pola makan dan makan makanan yang sehat dan menyehatkan. Biasakan untuk selalu makan sayur dan daging, tidak harus banyak porsinya tetapi paling tidak teratur. Pola makan ini penting untuk bagian dari pada gerakan masyarakat hidup sehat. Salah satunya jangan Buang Air Besar (BAB) di sembarang tempat karena akan mengganggu kesehatan.

“Oleh karena itu, kedepan bagaimana desa membuat program pembuatan jamban sehat bagi masyarakat. Setiap rumah di semua desa di wilayah Kecamatan Gending wajib memiliki jambang sebagai bagian daripada untuk hidup sehat,” tegasnya.

Sedangkan Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto meminta agar masyarakat selalu memberikan ASI kepada anak-anaknya supaya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. “Jangan biasakan memberikan anak-anak susu formula. Beri ASI saja sudah cukup dan anak akan sehat,” katanya.

Menurut Anang, salah satu hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah stunting adalah dengan membiasakan makan ikan laut. Apalagi di wilayah Kecamatan Gending ada jenis ikan yang kaya dengan Omega dan mudah didapatkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya berpesan agar masyarakat rutin mengkonsumsi ikan laut. “Hal utama yang harus dimiliki oleh seseorang adalah tumbuh dengan baik dan cerdas,” jelasnya.

Lebih lanjut Anang meminta kepada masyarakat untuk datang ke puskesmas apabila ada gangguan kesehatan. “Kekurangan pelayanan yang diberikan petugas Puskesmas Gending pastinya ada karena mereka bukan malaikat. Yang harus kita lakukan bagaimana kekurangan itu bisa kita perbaiki bersama-sama demi peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” pungkasnya. (wan)