Tuesday, October 27, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Puluhan Warga Desa Kedungsumur Dilatih Pembuatan Gula Aren Kristal

Puluhan Warga Desa Kedungsumur Dilatih Pembuatan Gula Aren Kristal

Reporter : Syamsul Akbar
PAKUNIRAN – Sebanyak 20 orang anggota kelompok masyarakat (pokmas) daerah terpencil di Desa Kedungsumur Kecamatan Pakuniran mendapatkan pelatihan pembuatan gula aren kristal atau yang umum disebut gula semut dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo, Selasa (10/12/2019).

Tidak hanya sekedar mendapatkan pelatihan saja, dalam kesempatan tersebut puluhan warga Desa Kedungsumur Kecamatan Pakuniran ini juga mendapatkan bantuan alat pembuatan gula aren Kristal.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi didampingi Sekretaris Disperindag Oon Hartono, Kepala Bidang Perindustrian Disperindag Kabupaten Probolinggo Sri Edi Lestarini, Kepala Desa Kedungsumur Muhammad Hasyim serta narasumber Anisa dari Kecamatan Tiris.

Kepala Bidang Perindustrian Disperindag Kabupaten Probolinggo Sri Edi Lestarini mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pemanfaatan sumberdaya alam dan potensi daerah. Harapannya masyarakat mampu meningkatkan perekonomian keluarga dengan memberdayakan potensi alam yang ada, termasuk sumberdaya manusianya.

“Desa Kedungsumur ini adalah daerah yang sangat terpencil dan akses jalan masih minim sekali. Sedangkan untuk mencapai dusun satu dengan dusun yang lain memakan waktu yang lama dan akses jalan yang sangat sulit, sehingga penduduk desa belum pernah tersentuh oleh pelatihan yang mendukung potensi daerah serta pariwisatanya,” ungkapnya.

Menurut Sri Edi, pihaknya sengaja memberikan pelatihan pembuatan gula aren Kristal beserta alatnya agar mereka bisa bersaing dengan IKM yang sudah berkembang. “Mudah-mudahan gula semut atau gula aren kristal ini akan menjadi primadonanya produk IKM Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Sementara Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi menyampaikan bahwa gula semut atau gula aren kristal ini manfaatnya sangat banyak sebagai pengganti gula tebu.

“Dimana gula semut ini aman untuk dikonsumsi oleh orang berpenyakit diabetes serta untuk bahan baku makanan yang hasilnya akan lebih enak daripada kalau kita menggunakan gula tebu,” katanya.

Mahbub menerangkan Indonesia banyak sekali tanaman nira. Oleh karena itu, maka peluang pasar sangat menjanjikan. “Terbukti kita masih dalam penjajakan akan mengadakan kerja sama dengan perusahaan dari Jawa tengah CV. Mekanira Nusantara sebagai perusahaan yang mau menampung hasil dari gula semut kita asalkan sesuai standart yang mereka harapkan dan siap mendampingi proses sampai bisa menghasilkan gula semut yang memenuhi standart ekspor,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal