Thursday, June 27, 2019
Depan > Informasi Layak Anak > Puluhan Siswa SMP Ramaikan Lomba Tahfidz Al Qur’an

Puluhan Siswa SMP Ramaikan Lomba Tahfidz Al Qur’an

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sedikitnya 60 siswa SMP negeri/swasta dari 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo turut serta meramaikan Lomba Tahfidz Al Qur’an Jenjang SMP yang digelar oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo di Aula Bin Hasan SMP HATI BBS (Billingual Boarding School) Kraksaan, Senin (20/5/2019).

Lomba Tahfidz Al Qur’an ini digelar dalam rangka untuk menanamkan rasa cinta anak didik kepada Al Qur’an dan mengisi bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah. Sebagai dewan juri berasal dari Pengurus Cabang Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadz (JQH) Kota Kraksaan. Kriteria penilaian disesuaikan dengan standart MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Badrus Zubaidi Hasan mengatakan Lomba Tahfidz Al Qur’an ini semangatnya bagaimana nantinya bisa menambah kecintaan anak-anak didik kepada Al Qur’an.

“Kita ingin generasi kita adalah generasi yang senantiasa hidupnya dihiasi oleh Al Qur’an. Filosofinya bagaimana kita bisa membumikan Al Qur’an dalam kehidupan keseharian anak didik kita,” katanya.

Menurut Badrus, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas keagamaan anak didik dalam rangka untuk pembentukan karakter yang lebih baik. Selain itu untuk mencari bibit-bibit tahfidz sejak dini di Kabupaten Probolinggo. “Kegiatan ini sangat penting dalam rangka penanaman pendidikan karakter. Intinya kegiatan ini mempunyai nilai tambah bagi anak didik kita,” tegasnya.

Melalui lomba ini Badrus mengharapkan akan muncul tahfidz yang bisa dibanggakan dan mampu melahirkan anak didik yang benar-benar menghayati dan mencintai Al Qur’an. “Disamping juga untuk memotivasi kepada anak-anak peserta didik agar menjadi insan-insan yang Qur’ani dan hafal Al Qur’an,” harapnya. (wan)