Monday, November 18, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Puluhan Santri Pesantren Al Amin Tongas Dilatih Ketrampilan Melukis Kain

Puluhan Santri Pesantren Al Amin Tongas Dilatih Ketrampilan Melukis Kain

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Sedikitnya 43 orang santriwati Pondok Pesantren Al Amin Desa Tongas Kulon Kecamatan Tongas mendapatkan pelatihan ketrampilan melukis kain/kerudung dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo, Senin (15/7/2019).

Kegiatan pengembangan usaha alternatif melalui pembinaan dan pelatihan ketrampilan kerja bagi wirausaha baru ini dilakukan dengan alokasi anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2019.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto melalui Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah Zulkarnain mengatakan memiliki usaha sendiri adalah impian semua orang, karena seiring perkembangan jaman manusia akan terus dituntut dengan kebutuhan konsumntif. Apabila hal tersebut tidak disiasati dari sejak dini dengan menimba ilmu dan kemampuan yang mampu menghasilkan income, maka bayangan kemiskinan dan ketidakmampuan memenuhi tuntutan kebutuhan hidup akan menjadi nyata yang harus dijalani.

“Salah satu jalan keluar yang ditawarkan adalah bagaimana supaya kita memiliki keterampilan dan hobbi yang sedikit banyaknya mampu menjadi sandaran tatkala dunia kerja saat ini sudah semakin sulit. Tidak sedikit orang dengan keterampilannya dan hobbynya mengolah barang-barang atau produk yang memiliki nilai jual lebih. Salah satunya adalah memberikan lukisan diatas bermacam produk berbahan dasar kain menjadi karya seni yang memiliki nilai jual tinggi di pasaran,” katanya.

Menurut Zulkarnain, sekarang ini kerajinan seni lukis kain sedang populer. Sebagai bukti adalah banyaknya orang yang mencari hasil kerajinan seni lukis kain kerudung, belajar cara melukis diatas kain, kursus melukis kain, kaos lukis, sepatu lukis, kerudung lukis, tas lukis, kain dan busana lukis dan lain sebagainya.

“Pelatihan ketrampilan seni lukis ini bertujuan untuk memperkenalkan kreasi-kreasi dari senin lukis kain, memperkenalkan cat lukis kain merk MM, memperkenalkan bagaimana peluang bisnis dibidang kerajinan seni lukis kain, saling berbagi dan memberi motivasi semangat berwirausaha serta untuk memacu kreatifitas dan inovasi sebagai perwujudan kepuasan tersendiri dari hobbi yang telah dikembangkan sebagai usaha yang menguntungkan,” jelasnya.

Zulkarnain menerangkan seni lukis kain adalah jenis kerajinan yang mengolah produk dari kain dengan menambahkan lukisan diatas bermacam produk berbahan dasar kain. Hasil lukisan pada kain sangat beragam, karena menggunakan beberapa jenis cat lukis kain yang menghasilkan tipe lukisan yang berbeda. Jenis cat textile MM yang bisa untuk melukis semua jenis kain, kaos, sepatu dan lain-lain dengan hasil lukisan halus, lentur dan nyaman dipakai. Jenis cat timbul MM menghasilkan lukisan yang sangat halus jika disentuh, serasa tidak ada cat yang menempel diatasnya seperti printing, sehingga sangat lembut dipakai.

“Proses pembuatan kerajinan lukis kain mirip seperti melukis kanvas atau kertas pada umumnya, yaitu proses pemolaan atau sket, pewarnaan hingga pengeringan. Namun yang membedakan adalah media yang dilukis dan cat yang dipakai, sehingga membutuhkan teknik khusus untuk melukisnya. Seni lukis kain menghasilkan produk yang sangat menarik sehingga hasil kreasi lukis kain diminati oleh sebagian besar orang,” tegasnya.

Lebih lanjut Zulkarnain menambahkan membuat kerajinan seni lukis kain sangat mengasyikkan, bisa dijadikan sekedar hobby pengisi waktu luang dan yang pasti bisa dijadikan usaha atau bisnis yang menjanjikan dengan prospek yang sangat luas. Karena hasil karya bisa diaplikasikan pada beragam produk, seperti fashion, interior, souvenir, acsesoris serta segmen pasar mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua dan pria maupun wanita.

“Membuat kerajinan seni lukis kain juga tidaklah terlalu sulit. Memang beberapa teknik dan hasil lukisan terlihat rumit dan sulit. Namun semua itu dapat dipelajari. Asal ada kemauan, ketekunan, ketelatenan, kesabaran dan semangat untuk terus berlatih dan berkarya. Dijamin siapapun pasti bisa melukis,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut para peserta pelatihan ketrampilan melukis kain mendapatkan bantuan berupa peralatan dan perlengkapan melulis kain. Seperti, kuas, palet wadah cat, gunting dan cutter, pemidangan, jarum pentul, pensil sket, cat textile, tissue/lap serta produk mentah/polos yang akan dilukis. (wan)

cww trust seal