Tuesday, September 29, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Puluhan Pelaku UMKM Dilatih Kewirausahaan

Puluhan Pelaku UMKM Dilatih Kewirausahaan

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Sebanyak 60 orang pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) makanan dan minuman (mamin) dan handycraft se-Kabupaten Probolinggo mendapatkan pelatihan kewirausahaan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo, Kamis (5/3/2020).

Pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan di Rumah UMKM Kabupaten Probolinggo ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto didampingi Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah Zulkarnain.

Sebagai narasumber berasal dari Ketua Forum UMKM Mandiri Jawa Timur Nico Trisno P. Dalam kempatan tersebut Nico menyampaikan materi kuliah perdana tentang apa dan siapa kewirausahaan.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto menyampaikan pelatihan kewirausahaan ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan motivasi semangat dan kemandirian kepada para pelaku UMKM supaya bisa naik kelas. Dari mikro menjadi kecil, kecil menjadi menengah dan menengah menjadi besar.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagaimana pelaku UMKM mempunyai mindset dan pemikiran maju dan mampu mengembangkan usahanya secara mandiri,” katanya.

Menurut Anung, selama ini para peserta pelatihan kewirausahaan ini sudah mempunyai sebuah usaha. Mereka diajari bagaimana mengembangkan usahanya mulai dari produksi sampai pada pemasaran. “Harapannya dengan pelatihan ini mereka mempunyai mindset untuk maju dan berkembang,” tegasnya.

Anung menambahkan dengan pelatihan kewirausahaan tersebut para pelaku UMKM bisa naik kelas dengan cara mengikuti sekolah bisnis tersebut sehingga mampu meningkatkan produksi dan jumlah pelanggan.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini para pelaku UMKM bisa mengubah pola pikir atau mindset tentang kewirausahaan, wawasan, pengetahuan bisnis, usaha dan selalu tetap semangat dalam berwirausaha,” harapnya.

Pelatihan kewirausahaan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo ini sejalan dengan program Rumah UMKM. Dengan demikian kegiatan ini diharapkan akan selalu bersinergi dengan program tersebut. (wan)

cww trust seal