Wednesday, November 13, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Puluhan Pelaku UKM Penerima KMK Dilatih Penyusunan Laporan Keuangan

Puluhan Pelaku UKM Penerima KMK Dilatih Penyusunan Laporan Keuangan

Reporter : Syamsul Akbar
SUKAPURA – Sebanyak 44 orang pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) penerima Kredit Modal Kerja (KMK) di Kabupaten Probolinggo mendapatkan pelatihan penyusunan laporan keuangan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo, Senin hingga Kamis (7-10/10/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Nadia Kecamatan Sukapura ini dihadiri oleh 2 (dua) orang narasumber yang berasal dari Lembaga Diklat Profesi (LDP) Garuda Mitra Sukses Kota Probolinggo.

Kasi Fasilitasi Pembiayaan dan Jasa Keuangan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Linda Pratiwi mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk untuk meningkatkan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam mengelola Kredit Modal Kerja (KMK) yang diperoleh secara tertib dan efektif. “Serta, untuk meningkatkan pengetahuan tentang administrasi keuangan dalam pengelolaan kredit yang diterima,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto melalui Kepala Bidang Usaha Koperasi dan Fasilitasi Permodalan Arie Kartikasari mengatakan laporan keuangan merupakan kegiatan yang berhubungan dengan bagaimana cara pencatatan suatu transaksi keuangan secara sistematis dalam suatu bisnis pada satu periode.

“Pengelolaan yang baik tentunya harus diadministrasikan dengan tertib yang mengacu pada kaidah akuntansi yang berlaku sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang akurat.
Dengan laporan keuangan maka pelaku UKM dapat memisahkan uang pribadi dan uang modal usaha, sehingga dapat mengatur dan membuat skedule penggunaan keuangan dalam rangka peningkatan usahanya,” katanya.

Menurut Arie, dengan adanya Kredit Modal Kerja maka pelaku UKM diharapkan dapat mengendalikan penggunaan keuangan dan selalu melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan sesuai dengan kaidah standar akuntansi sehingga tidak terjadi penyimpangan.

“Selanjutnya guna mendukung program tersebut, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo melakukan pelatihan laporan keuangan bagi UKM penerima Kredit Modal Kerja dengan mengundang narasumber dari Lembaga Diklat Profesi (LDP) Garuda Mitra Sukses Kota Probolinggo,” jelasnya.

Arie mengharapkan agar peserta mengikuti dengan seksama dan penuh perhatian sehingga apa yang disampaikan oleh narasumber bisa dijadikan bahan acuan atau pertimbangan guna meningkatkan kualitas usaha yang dilakukan. (wan)

cww trust seal