Monday, November 18, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Puluhan Pasangan Calon Pengantin Ikuti Bimbingan Perkawinan Pra Nikah

Puluhan Pasangan Calon Pengantin Ikuti Bimbingan Perkawinan Pra Nikah

Reporter : Mujiono
SUMBERASIH – Puluhan masyarakat pasangan calon pengantin dari Kecamatan Sumberasih mengikuti bimbingan perkawinan pra nikah angkatan XXI dan XXII di Kantor KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Sumberasih, Kamis (29/8/2019). Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Kantor KUA Kecamatan Wonomerto.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh calon pengantin suami istri ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Santoso. Pelaksanaan tugas dan fungsi Bimas Islam ini dilakukan dalam rangka melaksanakan bimbingan pelayanan dan informasi keluarga sakinah.

Selama kegiatan para pasangan calon pengantin ini mendapatkan materi tentang kebijakan pelaksanaan bimbingan perkawinan, memenuhi kebutuhan keluarga, mempersiapkan generasi berkualitas, menjaga kesehatan organ reproduksi, membangun hubungan dalam keluarga serta mempersiapkan keluarga sakinah oleh narasumber dari Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo serta Fasilitator.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Santoso mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada calon pengantin akan pentingnya kesiapan lahir batin, meningkatkan kualitas keluarga pra sakinah menjadi sakinah, menekan angka pernikahan dibawah umur serta menekan angka perceraian usia nikah.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terciptanya kualitas keluarga sakinah yang mampu menahan hantaman badai gelombang kehidupan, memperkokoh ikatan mawaddah warohmah sampai maut memisahkan serta menekan angka perceraian,” harapnya.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini nantinya ada peningkatan kualitas bimbingan dengan melibatkan instansi terkait seperti dunia industri dan usaha untuk memberikan izin bagi calon pengantin untuk mengikuti bimbingan perkawinan. (y0n)

cww trust seal