Thursday, August 6, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Puluhan IKM Ramaikan Pameran IKM Nawa Hati

Puluhan IKM Ramaikan Pameran IKM Nawa Hati

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sedikitnya 40 Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Probolinggo turut meramaikan kegiatan Pameran IKM Nawa Hati 1 Tahun Mengabdi Jilid 2 yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo di pelataran GOR Sasana Krida Kota Kraksaan, Jum’at hingga Minggu (25-27/10/2019).

Pameran IKM ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Jum’at (25/10/2019) sore.

Pembukaan yang ditandai dengan pengguntingan untaian bunga melati ini dihadiri oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Timbul didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko dan Kepala OPD melakukan peninjauan kepada seluruh stand pameran IKM yang ada di sisi depan dan samping GOR Sasana Krida Kota Kraksaan. Peserta pameran IKM ini berasal dari seluruh IKM baik berupa kain batik, bordir, handicraft serta makanan dan minuman.

Selama 3 (tiga) hari, Pameran IKM ini juga dimeriahkan sejumlah kegiatan. Diantaranya, lomba fashion show daur ulang tingkat TK dan SD, lomba pameran lukisan dan handycraft, lomba mewarnai dan lomba melukis di gerabah tingkat TK dan SD.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan pameran IKM ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menampilkan produk IKM yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Alhamdulillah, saat ini sudah banyak generasi muda yang tampil dengan produk IKM yang beragam. Tentunya harapan kita ke depan akan tumbuh pengusaha-pengusaha muda. Hal semacam ini sangat penting untuk terus dilakukan sebagai langkah rintisan produk IKM. Urusan nanti berkembang itu tergantung kepada jiwa entrepreneurnya. Yang terpenting dahulu adalah berani untuk tampil dengan produknya,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, perkembangan IKM di Kabupaten Probolinggo selama lima tahun terakhir menunjukkan kemajuan yang cukup pesat. Artinya, disamping pengetahuan produknya yang sudah berkembang, produk IKM yang dihasilkan sudah dinikmati oleh masyarakat secara luas.

“Kami merasa bangga memamerkan produk IKM Kabupaten Probolonggo. Butuh ketelatenan untuk membina secara langsung supaya produk IKM bisa terus maju dan berkembang dengan baik. Seluruh pejabat juga harus berperan menjadi tenaga marketing untuk mengenalkan dan memasarkan produk yang dihasilkan oleh IKM. Sehingga tidak hanya mendorong tetapi juga bisa merintis tumbuhnya produk IKM,” tegasnya.

Sementara Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi mengungkapkan pameran IKM ini bertujuan sebagai ajang bagi IKM untuk mempromosikan produknya sehingga dikenal oleh masyarakat Kabupaten Probolinggo. Sekaligus meningkatkan inovasi dalam desain, kemasan dan tentunya informasi trend dan selera pasar terkini. Selain itu mampu untuk meningkatkan daya saing IKM Kabupaten Probolinggo baik di daerah sendiri maupun di pasar dunia.

“Mudah-mudahan dari kegiatan pameran IKM ini terjadi transaksi yang berkelanjutan antara IKM dan konsumen sehingga mampu meningkatkan daya saing antar IKM dan daya beli masyarakat Kabupaten Probolinggo serta menjadi ajang promosi produk IKM,” harapnya. (wan)

cww trust seal