Thursday, August 6, 2020
Depan > Berita Terkini > Puluhan Guru SD Semarakkan Lomba Pembelajar ASIK Era Education 4.0

Puluhan Guru SD Semarakkan Lomba Pembelajar ASIK Era Education 4.0

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Puluhan guru SD yang ada di wilayah Kecamatan Dringu turut serta menyemarakkan lomba pembelajar ASIK (Aktif, Senang, Inovatif dan Kreatif) era education 4.0 yang digelar oleh Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Kecamatan Dringu bekerja sama dengan Pengawas SD Kecamatan Dringu di aula SDN Kedungdalem 2 Kecamatan Dringu, Selasa (3/3/2020).

Kegiatan yang dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi ini dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Dringu Indah Rohani, para Korwil Pendidikan Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo, Korwil Pendidikan Kecamatan Dringu Mujita, Pengawas SD Kecamatan Dringu Joko Rohani Sanjaya serta Kepala SD se-Kecamatan Dringu.

Lomba pembelajar ASIK era education 4.0 ini diawali dengan penampilan Tari Re Re Re massal yang dibawakan oleh 115 siswa SD dari 23 lembaga SD yang ada di Kecamatan Dringu.

Fokus penilaian meliputi kreatifitas guru dalam proses pembelajaran (ketrampilan membuka pelajaran, ketrampilan menjelaskan dan melakukan variasi dalam gaya mengajar, ketrampilan menutup proses pembelajaran).

Dalam sambutannya Plt Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi menyambut baik dan memberikan apresiasi kegiatan lomba pembelajar ASIK era education 4.0 ini. Menurutnya, kegiatan ini luar biasa dan mampu menumbuhkan motivasi semangat bagi guru-guru. Sebab memang semangatnya guru itu menjadi penggerak di sekolahnya masing-masing.

“Ini sebenarnya merupakan implementasi dari program Merdeka Belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim. Jadi Kecamatan Dringu sudah mengawali dan luar biasa. Hal ini perlu dilaksanakan di setiap kecamatan-kecamatan yang lain,” katanya.

Dengan adanya lomba pembelajar ASIK era education 4.0 ini Rozi mengharapkan guru menjadi lebih inovatif, kreatif dan mampu menghadirkan suatu proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

Sementara Korwil Pendidikan Kecamatan Dringu Mujita menyampaikan kegiatan ini bertujuan menumbuhkembangkan rasa mencintai profesi sebagai guru, meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, memotivasi untuk menjadi kepala sekolah dan guru penggerak inovasi pembelajaran di sekolah serta menjalin persaudaraan antar pendidik dan lembaga sekolah di tingkat kecamatan.

“Pembelajaran menghadapi era 4.0 mengharuskan para pelaku pendidikan sigap menyesuaikan diri dengan berbagai perkembangan yang ada. Diperlukan reformasi sekolah, peningkatan kapasitas, profesionalisme guru, kurikulum yang dinamis, sarana dan prasarana yang handal dan teknologi pembelajaran yang mutakhir sesuai jenjang lembaganya. Sehingga tujuan membentuk peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, kolaboratif dan percaya diri dapat terealisasi,” ujarnya.

Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri, maka untuk kelas rendah, juara 1 diraih Wahyuni EP dari SDN Kedungdalem 1, juara 2 diraih Dwi Sugiarti dari SDN Dringu, juara 3 diraih Eni Purwati dari SDN Kedungdalem 2, juara harapan 1 diraih Titik Sugiarti dari SDN Tegalrejo dan juara harapan 2 diraih Prihatiningsih dari SDN Watuwungkuk.

Sementara untuk kelas tinggi, juara 1 diraih Devi Silvianica dari SDN Tamansari 3, juara 2 diraih Norma Alkhosari dari SDN Pabean, juara 3 diraih Eva Purwanti dari SDN Tegalrejo, juara harapan 1 diraih Indri Oksari H dari SDN Mranggonlawang 2 dan juara harapan 2 diraih Sumarti dari SDN Watungwungkuk. (wan)

cww trust seal