Friday, November 15, 2019
Depan > Informasi Layak Anak > Puluhan Anak Putus Sekolah di Kecamatan Gading Terima Bantuan Biaya Pendidikan

Puluhan Anak Putus Sekolah di Kecamatan Gading Terima Bantuan Biaya Pendidikan

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Sebanyak 10 orang anak putus sekolah yang berada di Kecamatan Gading menerima bantuan tambahan biaya pendidikan dari Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (KKKS) Kabupaten Probolinggo. Bantuan tambahan biaya pendidikan bagi anak putus sekolah ini diserahkan di Pendopo Kecamatan Gading, Senin (21/10/2019).

Bantuan tambahan biaya pendidikan bagi anak putus sekolah ini diserahkan oleh Ketua Umum KKKS Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko didampingi sejumlah pengurus KKKS Kabupaten Probolinggo, Camat Gading Taufik Alami didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Gading, Kepala Puskesmas Wangkal Sunar Wibowo serta Kepala Desa asal anak putus sekolah.

Dalam sambutannya Ketua Umum KKKS Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menyampaikan ucapan terima kasih kepada para orang tua yang telah mau mengantarkan anak-anaknya datang dengan harapan nantinya bisa melanjutkan pendidikannya.

“Kami mengharapkan bagaimana anak-anak yang putus sekolah nantinya bisa ikut kejar paket. Sehingga ada kelanjutan pendidikannya dan bisa mempunyai ijazah. Minimal sampai ke jenjang Paket C atau setara SMA. Mohon dukungan dan bantuan para orang tua agar putra dan putrinya bisa terus sekolah dan tidak putus sekolah,” katanya.

Menurut istri Wakil Bupati Probolinggo ini, anak putus sekolah tidak selalu dipengaruhi oleh faktor ekonomi. Orang tua ekonominya bagus, tetapi kemauan untuk terus menyekolahkan anaknya masih kurang. Terkadang pula karena faktor pergaulan anak yang salah sehingga malas untuk sekolah.

“Sekali lagi mohon dukungannya agar anak-anak yang sudah putus sekolah bisa sekolah lagi. Paling tidak nantinya SDM (Sumber Daya Manusia) Kabupaten Probolinggo bisa meningkat,” jelasnya.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo ini meminta kepada Camat Gading agar memberikan bekal ketrampilan bagi anak-anak yang putus sekolah agar bisa menghasilkan pendapatan. Sehingga sambil sekolah mereka juga bisa bekerja dan ada keseimbangan antara ikut paket dengan ilmu pengetahuan.

“Kami mengharapkan agar bantuan tambahan biaya pendidikan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Paling tidak ke depan, anak-anak mempunyai pandangan yang lebih baik dari sekarang. Teruslah sekolah dan jangan sampai putus sekolah,” harapnya.

Sementara Camat Gading Taufik Alami menyambut positif, bangga dan senang dengan program pemberian bantuan tambahan biaya pendidikan bagi anak putus sekolah dari KKKS Kabupaten Probolinggo. Karena hal ini akan membantu memotivasi masyarakat yang putus sekolah, minimal Dikdas (pendidikan dasar).

“Insya Allah hal ini akan memotivasi saya bukan hanya yang penerima bantuan sekarang, tetapi juga yang tidak menerima bantuan akan saya data dan wajibkan ikut Paket B atau Paket C, sehingga semua anak-anak di Kecamatan Gading dapat mengenyam pendidikan yang lebih layak,” ungkapnya.

Taufik mengaku sangat mendukung dan berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dengan program KKKS yang telah peduli kepada rakyat Kecamatan Gading dalam memberdayakan masyarakat melalui bantuan biaya pendidikan bagi anak putus sekolah.

“Harapannya dengan adanya program bantuan tambahan biaya pendidikan bagi anak putus sekolah ini, masyarakat di Kecamatan Gading tidak ada yang tidak punya ijazah, minimal bisa memiliki ijazah SMP dan SMA,” pungkasnya.

Selain di Kecamatan Gading, sosialisasi dan pemberian tambahan biaya pendidikan bagi anak yang putus sekolah ini juga dilakukan di Kecamatan Sumber dan Krejengan. (wan)

cww trust seal