Saturday, December 7, 2019
Depan > Pemerintahan > PU Fraksi Terhadap Raperda P-APBD 2019

PU Fraksi Terhadap Raperda P-APBD 2019

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Sebagai tindak lanjut dari pembacaan Nota Penjelasan Bupati Terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kabupaten Probolinggo Tahun 2019, DPRD Kabupaten Probolinggo kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda Pemandangan Umum (PU) Fraksi-fraksi Terhadap Raperda P-APBD tahun 2019, Kamis (25/7/2019) malam.

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Wahid Nurrahman ini dihadiri oleh Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Probolinggo. Dari pihak eksekutif hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Hadir pula perwakilan Forkopimda, pimpinan instansi vertikal, BUMN/BUMD di Kabupaten Probolinggo

Dalam PU Fraksi-fraksi DPRD (Fraksi Nasdem, Fraksi Kebangkitan Bangsa, Partai Golkar, PPP, PDIP-Hanura dan Gerindra) yang dibacakan oleh Suhud mengatakan secara umum semua fraksi dapat memahami berbagai pertimbangan yang menjadi landasan rencana perubahan anggaran tahun 2019.

Fraksi NasDem dalam salah satu PU-nya menyampaikan sehubungan dengan akan diadakannya pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Probolinggo mengharapkan kepada pemerintah daerah agar dapat berkoordinasi dan bersinergi dengan pihak-pihak terkait untuk mengatur jalannya pelaksanaan kegiatan tersebut sehingga dapat tercipta situasi yang aman tertib dan meminimalisir kerusuhan.

Selanjutnya Fraksi Kebangkitan Bangsa, salah satu PU-nya menyebutkan dalam rangka mengoptimalkan pendapatan pajak dan retribusi daerah menyarankan kepada eksekutif untuk menyiapkan tenaga harian lepas yang bertugas untuk memonitor masing-masing obyek pajak yang ada di Kabupaten Probolinggo, sehingga bisa mendeteksi berapa besarnya pajak atau retribusi yang betul-betul diharapkan.

Lalu Fraksi PPP dalam salah satu PU-nya mengungkapkan penyampaian APBD 2019 yang sebelumnya didahului dengan penyampaian kesepakatan tahapan bersama bahkan penganggaran dalam perencanaan APBD daerah Kabupaten Probolinggo. Ke depan pihaknya menanyakan berapa dan bagaimana target pencapaian kinerja Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Kemudian Fraksi Partai Golkar salah satu PU-nya mengungkapkan berkaitan dengan semakin menjamurnya investor pertambangan galian C berkaitan dengan akan dimulainya pembangunan jalan tol Leces ke Banyuwangi, menanyakan sampai sejauh mana upaya dari pemerintah daerah untuk melakukan penertiban perijinannya sehingga berdampak ada peningkatan pemasukan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Berikutnya Fraksi PDIP-Hanura pada salah satu PU-nya mengatakan di bidang pendidikan dimana dalam tahun ajaran baru telah diadakan penerimaan siswa baru dan di pusat mulai adanya pemberlakukan sistem zonasi yang masih menimbulkan polemik di masyarakat. Yang nota bene program tersebut masih dibutuhkan kajian-kajian dan pemikiran logis yang obyektif sehingga pemberlakuan sistem zonasi efektif, efisien dan tidak ada yang dirugikan. Dalam hal ini pihaknya menanyakan bagaimana kiat pemerintah dengan adanya pemberlakuan sistem zonasi, apakah sudah diberlakukan pula di Kabupaten Proboinggo.

Terakhir Fraksi Gerindra, salah satu PU-nya menyampaikan perubahan kebijakan APBD Kabupaten Probolinggo tentunya berdasarkan kondisi terkini kinerja perekonomian daerah maupun nasional. Belanja daerah sebagai komponen keuangan daerah diharapkan dapat memberi dorongan atau stimulus terhadap perkembangan ekonomi daerah. Selain dari itu penyerapan anggaran diharapkan memberikan efek positif dalam menggerakkan pembangunan ekonomi daerah dan memberikan stimulus pertumbuhan ekonomi rakyat. Dalam hal ini juga diperlukan efektifitas anggaran. Sehingga bagaimana strategi pemerintah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan anggaran kepada stakeholder dan masyarakat.

Pembahasan ini akan berlanjut dengan agenda Jawaban Bupati atas Pemandagangan Umum (PU) Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Probolinggo Tentang Raperda P-APBD Kabupaten Probolinggo Tahun Anggaran 2019. (wan)

cww trust seal