Tuesday, August 4, 2020
Depan > Pendidikan > Pondok Pesantren Hati Kurban 27 Ekor Sapi dan 22 Ekor Kambing

Pondok Pesantren Hati Kurban 27 Ekor Sapi dan 22 Ekor Kambing

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 Hijriyah, Jum’at (31/7/2020) pagi Pondok Pesantren Hati di Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan menyembelih 49 ekor hewan kurban.

Hewan kurban tersebut terdiri dari 27 ekor sapi dan 22 ekor kambing/domba yang kesemuanya berasal dari keluarga besar Pengasuh Pondok Pesantren Hati dan para donatur yang istiqomah setiap tahun mempercayakan hewan kurbannya untuk dipotong dan sekaligus didistribusikan.

Prosesi penyembelihan hewan kurban kali ini dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs H Hasan Aminuddin M.Si yang juga selaku Pengasuh Pondok Pesantren Hati didampingi beberapa pejabat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Probolinggo terkait yang turut menyaksikan.

H Hasan Aminuddin mengatakan momentum Idul Kurban ini merupakan bentuk ikhtiar umat Islam untuk mengihklaskan sebagai harta bendanya yang diwujudkan melalui hewan kurban untuk kemudian dibagikan kepada para masyarakat dan fakir miskin yang membutuhkan.

“Alhamdulillah tentunya daging kurban kali ini akan sangat bermanfaat bagi yang berhak menerima terutama untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah wabah COVID-19 ini. Semoga manfaat barokah, mampu istiqomah setiap tahun dan sebarannya bisa lebih luas lagi kedepannya,” harap suami Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE ini.

Sementara Zulmi Noor Hasani, mewakili panitia kurban saat itu menjelaskan diantara banyaknya hewan kurban yang akan disalurkan itu berasal dari berbagai kalangan, mulai dari beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, tokoh masyarakat dan beberapa perusahaan swasta.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo ini menyebutkan daging kurban tersebut nantinya akan didistribusikan kepada sebanyak empat ribu KK (Kepala Keluarga). Selain untuk warga Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan, khotib masjid dan wali santri, sebarannya kali ini lebih meluas yakni sampai Kelurahan Kandangjati Kulon, Kelurahan Kraksaan Wetan, Kelurahan Sidomukti, Desa Matekan, Desa sumberlele, Desa Gebangan serta para wali santri dan dewan guru Pondok Pesantren Hati.

“Secara teknis agar daging tetap segar dan layak konsumsi, penyembelihan dan distribusi akan dilakukan dua tahap yakni hari ini untuk seluruh kambing/domba dan besok untuk seluruh sapi. Dan seperti pelaksanaan sebelumnya, seluruh paket daging kurban akan diantar langsung kepada para penerima,” jelasnya.

“Sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona, sejak dari awal kondisi kesehatan hewan dan kelayakannya sudah periksa langsung oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Begitu juga dengan proses pemotongannya telah melalui protokol kesehatan yang ketat, minimal mereka menggunakan sarung tangan karet, bermasker dan menjaga jarak aman,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal