Saturday, December 7, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Polres Simulasikan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan

Polres Simulasikan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan

Reporter : Mujiono
BANYUANYAR – Api besar dengan cepat langsung membakar lahan hutan di kawasan Alas Malang Desa Tarokan Kecamatan Banyuanyar. Namun kobaran api tidak sampai menghanguskan seluruh kawasan hutan berkat kesigapan dari sejumlah anggota polisi yang melakukan pemadaman api, Senin (16/9/2019).

Aksi pemadaman kobaran api di lahan hutan ini merupakan bagian dari bentuk kegiatan simulasi penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Probolinggo yang digelar oleh Polres Probolinggo.

Simulasi penanggulangan Karhutla di lahan hutan Kawasan Alas Malang Desa Tarokan Kecamatan Banyuanyar ini dipimpin oleh Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto. Kegiatan ini melibatkan warga dan administrator Perhutani untuk bersama-sama memadamkan kobaran api.

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan, simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan sinergitas dalam rangka penanggulangan Karhutla secara proporsional dan profesional. Semua jenis bencana dapat dikatakan penyebabnya adalah ulah manusia, seperti kerusakan lingkungan dan kebakaran yang telah mengancam di tengah kehidupan masyarakat.

“Diperlukan upaya penanggulangan Karhutla di wilayah Kabupaten Probolinggo sehingga harus dilakukan upaya-upaya sedini mungkin baik pada waktu sebelum, saat kejadian dan setelah kejadian,” katanya.

Menurut Kapolres, penanggulangan kebakaran lahan dan hutan harus dilakukan secara terkoordinasi dan kerja sama terpadu yang tidak hanya melibatkan pemerintah saja bahkan seluruh lapisan masyarakat, swasta dan relawan.

“Semua intansi terkait, relawan dan masyarakat mempunyai peran penting dalam penanggulangan Karhutla di wilayah Kabupaten Probolinggo sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing,” tegasnya.

Kapolres menerangkan, kehadiran semua pihak di lapangan perlu didukung dengan kemampuan dan ketrampilan serta sarana dan prasarana yang memadai sehingga dapat bertindak secara proporsional dan profesional. Kemampuan dan ketrampilan tidak akan datang begitu saja tanpa adanya pelatihan, sehingga harus dilaksanakan simulasi penanggulangan Karhutla.

“Oleh karena itu, kami menghimbau kepada seluruh polsek jajaran untuk sering melakukan patroli antisipasi kebakaran hutan. Kami juga menghimbau pada polsek jajaran untuk melakukan patroli hutan agar kebakaran hutan tidak terjadi di wilayah hukum Polres Probolinggo,” pungkasnya. (y0n)

cww trust seal